PM Kanada Sambut Kedatangan Pengungsi Suriah

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 12 Dec 2015 18:30 WIB
imigran
PM Kanada Sambut Kedatangan Pengungsi Suriah
PM Kanada Justin Trudeau terima pengungsi Suriah (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Toronto: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menerima kedatangan pesawat pertama yang membawa pengungsi Suriah. Kanada menyatakan kesediaannya untuk menerima 25 ribu pengungsi hingga akhir Februari.

Sebuah pesawat militer membawa 163 pengungsi tiba di Bandara Pearson. Langkah Kanada ini berbeda jauh dengan Amerika Serikat (AS) yang hanya menerima 10 ribu pengungsi untuk 2016.

Trudeau menyambut beberapa keluarga yang masuk ke imigrasi. Keluarga pertama yang disambut oleh Trudeau adalah seorang ginekolog dari Aleppo, Kevork Jamkossian dan istrinya Georgina Zires dan putrinya yang berusia 16 bulan bernama Madeleine.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas keramahtamahan dan penyambutan yang hangat," ujar Jamkossian, seperti dikutip NBC News, Sabtu (12/12/2015).

"Anda sudah di rumah. Selamat datang," respons dari Trudeau.

"Kami sangat menderita. Sekarang, kami merasa sudah keluar dari neraka dan tiba di surga," tutur Jamkossian.

Setiap keluarga yang baru datang diberikan boneka dan pakaian hangat. Trudeau juga mengucapkan terima kasih kepada staf dan relawan yang membantu memproses para pengungsi.

"Ini malam yang indah, kita saksikan bukan hanya pesawat penuh warga Kanada yang baru, tetapi bisa memperlihatkan kepada dunia kita bisa terbuka dan menerima orang yang dilanda situasi sulit," pungkas Trudeau.

Warga Kanada pun memperlihatkan dukungan mereka kepada warga baru itu. Mereka tidak terganggu bahwa tidak bisa bertemu secara langsung karena pengungsi itu diproses di wilayah aman.

Kanada sejak lama membuktikan diri bahwa mereka terbuka kepada pengungsi. Di masa lalu, Kanada menerima pengungsi dari Kosovo lebih dari 5.000 jiwa pada akhir 1990. Selain itu mereka juga menerima pengungsi dari Uganda pada 1972 dan Vietnam sepanjang 1979 hingga 1980, sebanyak lebih dari 60 ribu jiwa.


(FJR)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

5 minutes Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA