Menguji Singkat Performa Snapdragon 820

Mohammad Mamduh    •    Minggu, 13 Dec 2015 11:31 WIB
qualcomm
Menguji Singkat Performa Snapdragon 820
Debut Qualcomm Snapdragon 820 di Asia, 10-12 Desember di Beijing, Tiongkok. MTVN/MAMDUH

Metrotvnews.com, Beijing: Pada acara akbar pengenalan Snapdragon 820 di Beijing, Tiongkok, 10-12 Desember 2015 lalu, Qualcomm memberikan kesempatan kepada para wartawan untuk menjajal singkat performa dari prosesor mobile teranyar ini.

Pengujian ini menggunakan smartphone prototipe besutan Qualcomm, yang tidak menyandang merek pabrikan manapun. Pengujian performa dilakukan dengan empat jenis benchmark: AnTuTu 6.0, Geekbench v3.3.2, GFXBench 4.0, dan Mozilla Kraken. Hasilnya bisa Anda lihat di bawah ini.



Pada pengujian dengan AnTuTu 6.0, skor yang dihasilkan Snapdragon 820 mencapai 131.269, memang lebih tinggi dari Kirin 950 yang tertanam pada smartphone Huawei Mate 8. Pada pengujian yang lebih spesifik GeekBench, prosesor ini menghasilkan skor yang mumpuni, baik dalam kategori single core maupun multi core.



Namun, pihak Qualcomm menyebutkan, pada dasarnya, benchmark dengan software hanyalah menggunakan porsi yang kecil dari sebuah smartphone.

“Pengukuran performa dengan software benchmark hanya menggunakan sedikit dari komponen smartphone yang digunakan,” ungkap Senior Director Marketing Qualcomm, Peter Carson. “Hal yang paling terpenting adalah pengalaman penggunaan (user experience) seseorang dalam menggunakan smartphone.”

Untuk sistem operasinya, ponsel prototipe ini sudah mengadopsi Android 6.0 Marshmallow versi standar.

Di sisi lain, dari pengujian ini, Anda bisa membayangkan betapa kencangnya performa yang ditawarkan Snapdragon 820. Namun, Qualcomm tetap harus waspada dengan Exynos 8890, prosesor terbaru dari Samsung yang diperkirakan tiba mulai tahun depan.
 


(MMI)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

47 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA