Ben Anderson Kini Tinggal Bayangannya

Mufti Sholih    •    Minggu, 13 Dec 2015 13:53 WIB
obituari
Ben Anderson Kini Tinggal Bayangannya
Benedict Anderson,--Foto: Dok/gradschool.cornell.edu

Metrotvnews.com, Jakarta: Benedict Richard O'Gorman Anderson atau akrab dikenal Ben Anderson meninggal, Minggu 13 Desember 2015. Ahli studi tentang Indonesia ini terkena serangan jantung, pagi tadi.

Ben meninggal di Malang, Jawa Timur. Ben dikenal sebagai penulis buku The Imagined Communities. Karyanya ini menjadi rujukan banyak mahasiswa yang mengambil studi tentang politik kebangsaan.

Buku ini menceritakan proses terbentuknya sebuah nation atau bangsa. Ben percaya, konsep nation adalah sebuah artefak jenis khusus. Tak beda jauh dari benda lainnya. Sebagai sebuah artefak, dia berakar dan mengikat unsur-unsur perekat dalam sebuah komunitas.

Dari sini, Ben mendefinisikan bangsa sebagai komunitas politis yang diimajinasikan bersifat terbatas yang berada dalam dirinya sendiri sekaligus berkedaulatan. Konsep ini memungkinkan anggota sebuah bangsa hidup dengan sebuah bayangan tentang kebersamaan, meski tak saling mengenal.

(Klik juga: Ahli Kajian Indonesia yang Pernah Dicekal Soeharto Meninggal di Batu)

Hal ini pula yang bisa menjelaskan konflik kebangsaan yang masih timbul hari ini antara etnis kurdi dan Turki, atau Organisasi Papua Merdeka dengan Indonesia.

Namun kini, Ben sudah tiada. Tapi pikirannya masih tetap hidup, umumnya sebuah hasil pemikiran. Ben kini menjadi bayangan. Yang menjejaki pikiran tentang nasionalisme itu sendiri.


(MBM)

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

42 minutes Ago

Golkar akan menerapkakan aturan partai terhadap kader yang dianggap melanggar aturan dan indisi…

BERITA LAINNYA