Militer Tiongkok Perbanyak Latihan di Laut China Selatan

Willy Haryono    •    Minggu, 13 Dec 2015 14:16 WIB
laut china selatan
Militer Tiongkok Perbanyak Latihan di Laut China Selatan
Kapal militer Tiongkok terlihat di Spratly Island di Laut China Selatan. (Foto: REUTERS/U.S. Navy/Handout via Reuters)

Metrotvnews.com, Beijing: Angkatan Laut Tiongkok dalam beberapa hari terakhir melakukan lebih banyak latihan di perairan sengketa Laut China Selatan. 

Tiongkok mengklaim hampir seluruh wilayah di Laut China Selatan, sebuah jalur dengan nilai perdagangan mencapai lebih dari USD5 triliun per tahun. Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Malaysia dan Taiwan mengecam keras klaim Tiongkok. 

"Dalam beberapa hari terakhir Angkatan Udara mengatur sebuah armada untuk pergi ke beberapa area di Laut China Selatan untuk berlatih," kata Kementerian Pertahanan Tiongkok, seperti dilansir Reuters, Minggu (13/12/2015).

"Aksi ini adalah latihan rutin berdasarkan rencana pelatihan angkatan laut," sambungnya. 

Serangkaian foto di media sosia kantor berita Tingkok memperlihatkan sejumlah kapal AU yang sedang berlatih menembakkan senjata di Laut China Selatan. 

Dari waktu ke waktu Tiongkok mengumumkan latihan militer di Laut China Selatan, dalam upaya menunjukkan transparansi kepada dunia.

Amerika Serikat mengkritik Tiongkok yang telah membuat sejumlah pulau buatan di Laut China Selatan. AS mengerahkan patroli laut dan udara di dekat pulau-pulau itu.

Bulan lalu, pesawat B-52 milik AS terbang dekat pulau buatan Tiongkok, dan pada akhir Oktoberm sebuah kapal perang berlayar dalam jarak 12 mil laut dari salah satu pulau tersebut. 


(WIL)