Tanaman Amaryllis Rusak Diinjak, Pemkab Bangun Taman Wisata

Antara    •    Senin, 14 Dec 2015 05:10 WIB
bunga langka
Tanaman Amaryllis Rusak Diinjak, Pemkab Bangun Taman Wisata
Contoh gambar wisatawan yang narsis di atas bunga amaryllis. Foto: Twitter

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memutuskan membangun taman wisata Amaryllis di Kecamatan Patuk. Pembangunan ditargetkan rampung pada 2016.

"Kami sudah membuat proposal tinggal menunggu revisi karena beberapa item harus diperbaiki dan untuk nominal belum kami tentukan," ujar Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi di Gunung Kidul, Minggu (13/12/2015).

Ambar membeberkan, Taman Amaryllis akan dibangun di lahan seluas 2.000 meter, di kebun milik Sukadi yang sebelumnya rusak lantaran diinjak pengunjung. Lahan terletak di Dusun Salam, Ngasem Ayu, Patuk.

Pemkab juga berencana mengembangkan kebun di belakang rumah seluas 4.000 meter. Nantinya, kebun-kebun itu akan berhadapan langsung dengan sungai dan bebatuan yang membelah Kecamatan Patuk.

"Selain itu, di sisi utara jalan akan dikembangkan pembibitan sekitar 2.000 hektar," tambah dia.

Ambar memastikan, pihaknya akan menyediakan lokasi berfoto untuk wisatawan yang ingin mengabadikan bunga yang mekar pada awal musim penghujan ini, tanpa merusaknya.

"Nanti disediakan spot selfie agar pengunjung bisa berfoto sepuasnya, tanpa harus merusak bunga," tegas dia.

Pembangunan taman ini, diharapkan mampu menjadi destinasi wisata baru dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.


(REN)