Ekonomi RI Maju, Rusia Minat Kerja Sama Teknologi Nuklir

Annisa ayu artanti    •    Senin, 14 Dec 2015 09:56 WIB
nuklir
Ekonomi RI Maju, Rusia Minat Kerja Sama Teknologi Nuklir
Rusia berminat kerja sama teknologi nuklir dengan Indonesia. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemajuan perekonomian Indonesia ternyata diketahui dan didengar banyak negara di dunia. Banyak negara-negara tersebut diantaranya yang menawarkan kerja sama salah di bidang teknologi. Salah satunya adalah teknologi energi nuklir dari Rusia.

Duta Besar Federasi Rusia di Indonesia, Mikhail Galuzin mengungkapkan, dalam dekade terakhir perekonomian Indonesia menunjukan kemajuan yang pesat. Melihat hal tersebut, Mikhail mengatakan, Rusia akan mendorong merealisasikannya dalam bentuk kerja sama memenuhi kebutuhan energi.

Mikhail mejelaskan dalam suatu negara perkembangan perekonomian tak lepas dari ketahanan energi. Karena keduanya dangat berkesinambungan. Oleh karena itu, menurutnya ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan perekonomian dan industri nuklir Indonesia.

"Dalam dekade terakhir Indonesia menunjukkan ekonomi terbesar. Untuk mewujudkan itu, kami ingin membantu dalam memenuhi kebutuhan energi. Dengan opsi pembangunan PLTN," ungkap Mikhail, dalam Seminar Industri Nuklir Rusia: Teknologo dan Solusi Modern, di Hotel JW Mariott, Jalan Ide Anak Agung, Kuningan, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Mikhail menjelaskan, opsi tenaga nuklir dalam menopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga akan mengurangi konsumsi energi fosil. "Kami siap memberikan bantuan untuk membangun PLTN dan industri nuklir di Indonesia," ucap dia.

Dengan mengirimkan radio isotop dari Rusia ke Indonesia, beberapa waktu lalu, Mikhail menambahkan sebagai awal dari perjanjian Rusia ke Indonesia untuk membangun industri nuklir di Indonesia.

"Kami telah mengirimkan radio isotop dari Rusia ke Indonesia. Sebagian perjanjian sudah ditandatangani untuk kemajuan industri nuklir di Indonesia," tutup dia.


(AHL)