Pencatutan Nama Presiden

Menkumham Sebut Riza Chalid di Singapura

Desi Angriani    •    Senin, 14 Dec 2015 12:35 WIB
pencatut nama presiden
Menkumham Sebut Riza Chalid di Singapura
Menkumham Yasonna Laoly. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Saudagar minyak M. Riza Chalid menghilang. Padahal keterangannya soal kasus 'papa minta saham' diperlukan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR dan Kejaksaan Agung.

Riza yang diduga terkait dengan kasus tersebut, ditenggarai berada di luar negeri. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyebut pria yang kerap tampil berkumis ini tengah berada di Singapura.    

"Ya sudah pastilah ketahuan. Katakanlah ke Singapura, biasanya beliau ke situ," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/12/2015).

Yasonna menjelaskan, keberadaan Riza tak lagi bisa terdeteksi sesaat setelah taipan itu mendarat di negeri jiran tersebut. Kecuali, kata Yasonna, Polri yang proaktif menelusuri keberadaan Riza, berkoordinasi dengan Interpol. Dengan cara itu, Riza bisa dipulangkan ke Tanah Air.

Sayangnya, status Riza belum dinyatakan sebagai buron, salah satu syarat yang bisa memulangkan seseorang dari luar negeri.  

"Ya itu interpol lah kalau mau kalau dia sudah masuk DPO (Daftar Pencarian Orang). Tapi kan belum," beber dia.

Riza kabur dan mangkir dari panggilan MKD, pekan lalu. Dia diduga terlibat dalam pertemuan dan pembicaraan tidak patut dengan Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

Maroef, dan Novanto sudah dipanggil dan memberikan keterangan di MKD. Pun halnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebagai pengadu kasus ini.


(KRI)