Review Game

Star Wars Battlefront, Keren Tapi Terlalu Sederhana

Mohammad Mamduh    •    Senin, 14 Dec 2015 15:28 WIB
review game indonesia
Star Wars Battlefront, Keren Tapi Terlalu Sederhana
Star Wars Battlefront

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua hari lagi, serial film terbaru Star Wars taynag di Indonesia. Beberapa game yang masih berhubungan dengan franchise ini pun terus hadir. Electronics Arts sebagai salah satu publisher yang kontroversial dan fenomenal merilis satu game Star Wars teranyar untuk PC dan konsol.

Star Wars Battlefront, nama game ini sebenarnya sudah cukup dikenal oleh para gamer Star Wars. Namun, kali ini EA memberikan berbagai sentuhan baru yang cukup menarik perhatian. Berikut ulasan lengkapnya.

Secara gameplay, Star Wars Battlefront tidak berbeda dengan seri pendahulunya. Game ini memfokuskan pemain pada mode multiplayer yang menghadirkan berbagai mode dan peta permainan dunia Star Wars. Pemain bisa bertempur di planet-planet penting seperti Endor, Hoth, atau Tatooine, dengan berperan sebagai salah satu pihak: Rebel Alliance atau Galactic Empire. Secara timeline, Star Wars Battlefront mengambil kisah ketika Luke Skywalker menjadi Jedi terakhir.



Berfokus pada mode multiplayer, Star Wars Battlefront menyediakan mode yang cukup lengkap. Disesuaikan dengan nuansa Star Wars, pemain diajak untuk bertempur dengan berbagai objektif sederhana, mulai dari Turning Point, Walker Assault, Hero Hunt, dan Fighter Squadron. Setiap mode ini menawarkan misi yang menarik, seperti menghalau pasukan Rebel yang dating terus menerus, berperan sebagai Luke Skywalker dan menghadapi pasukan Empire sendirian, Sampai bertempur di udara dengan X-Wing.

Sangat disayangkan Star Wars Battlefront hanya menyediakan mode multiplayer. Padahal, salah satu unsur yang menarik perhatian gamer terhadap sebuah karya adalah unsur cerita yang selalu tertanam pada mode singleplayer. Star Wars Battlefront kehilangan aspek yang sangat esensial ini.



Ditambah lagi, sistem matchmaking yang dibuat belum sempurna. Pemain masih harus meunggu cukup lama sampai jumlah pemain minimal tercukupi. Saya beberapa kali harus menunggu sampai satu jam untuk bermain di salah satu map. Berbeda dengan CS:GO, sistem matchmaking dibuat agar pemain tidak menunggu lama.

Teknik menembak yang cenderung lebih mudah membuat semua pemain memiliki skill yang setara. Hal ini seringkali mebuat pertandingan menjadi lebih kompetitif. Sayangnya, tingkat kompetitif yang ditawarkan tidak akan bisa menyaingin game sejenis, sebut saja Counter Strike: Global Offensive, atau Halo.

Alasan pertama adalah usia pemain yang tergolong cukup luas. Anak berumur 8 tahun dapat memainkannya. Mengapa? karena Anda tidak akan menemukan efek-efek menyeramkan seperti darah atau anggota tubuh yang terputus. Seperti permainan anak, aksi tembak menembak Star Wars cenderung sangat ramah karena berbagai senjata laser yang tersedia memang seperti mainan anak-anak.

Selain prajurit biasa, mereka juga bisa berperan sebagai hero alias tokoh penting yang muncul dalam seri Star Wars, contohnya Luke Skywalker, Leia organa, Boba Fett, atau Darth Vader. Setiap hero menyediakan skill yang unik, dan pastinya sanggup mendominasi permainan. Untuk menyaingi daya gempur hero, pemain yang terjun sebagai prajurit biasa diberikan akses untuk kustomisasi perlengkapan, mulai dari senjata samapai skill uniknya.



Grafis menjadi kelebihan kedua yang ditawarkan Star Wars Battlefront. Game ini dikemas dengan Frostbyte Engine, yang juga digunakan untuk franchise Battlefield. Engine game ini sekarang digunakan pada semua pengembangan game AAA milik EA, yang bisa menghilangkan ciri khas dari setiap franchise itu sendiri. Frostbyte Engine identik dengan efek pencahayaan dan objek yayng halus dan realistis, dan sebenarnya cukup ramah terhadap spesifikasi PC.

Star Wars Battlefront adalah game MOFPS dengan grafis yang mengagumkan, tetapi tidak diimbangin dengan gameplay yang mendalam. Terlalu fokus pada mode multiplayer bisa menjadi bumerang untuk sebuah game, terutama jika pihak publisher tidak menjanjikan berbagai konten terbaru yang tidak membuat pemainnya bosan. Saya sebagai salah satu penggemar franchise Star Wars, tidak merekomendasikan game ini.

Platform: PlayStation 4, Xbox One, PC
Developer: DICE
Tanggal Rilis: 17 November 2015
Jenis: MOFPS
Situs Resmi: http://starwars.ea.com/starwars/battlefront/
 

Star Wars Battlefront

 

6.5

  • Grafis memukau
  • Teknik permainan sangat mudah
  • Usia permainan luas
  • Gameplay sangat dangkal
  • Tidak ada mode singleplayer
  • Sistem matchmaking memiliki waktu tunggu yang lama



(MMI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA