Mangkir Lagi, JK Serahkan Urusan Pemanggilan Riza ke MKD

Dheri Agriesta    •    Senin, 14 Dec 2015 17:03 WIB
pencatut nama presiden
Mangkir Lagi, JK Serahkan Urusan Pemanggilan Riza ke MKD
Wakil Presiden Jusuf Kalla--Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Taipan minyak Muhammad Riza Chalid kembali mangkir saat dipanggil Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan keputusan untuk memanggil Riza kepada MKD.

"Terserah prinsip DPR-lah," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015).

Riza diketahui berada di luar negeri. Menteri Hukum dan Keamanan Yasonna Laoly mengatakan, Riza tengah ada di Singapura.

JK membenarkan keberadaan Riza di luar negeri. Pemerintah pun akan mencari tahu keberadaan pasti taipan minyak itu. "Ya kita cari tahu," imbuh dia.

Sementara, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan berjanji akan membantu mendatangkan Riza pada sidang MKD. Hal itu disampaikan saat menjadi saksi dalam sidang etik di MKD.

Riza kembali mangkir dari panggilan MKD. Wakil Ketua MKD Junimart Girsang menuturkan, akan menggelar rapat internal malam nanti.

Ada dua opsi yang akan diambil. Pemanggilan paksa dengan bantuan polisi pada panggilan ketiga atau MKD tak lagi membutuhkan keterangan Riza.

Junimart berpendapat, dirinya lebih suka Riza dihadirkan dalam persidangan. Ia menilai Riza merupakan sosok yang mengetahui anatomi pembicaraan terkait dugaan pencatutan nama presiden dan wakil presiden serta permintaan saham PT Freeport Indonesia. "Beliau yang tahu anatomi pembicaraan itu. Dia yang dominan berbicara, menurut saya," terang Junimart.


(YDH)