BRI Tambah Kepemilikan Saham di BTMU-BRI Finance

Eko Nordiansyah    •    Senin, 14 Dec 2015 17:57 WIB
bri
BRI Tambah Kepemilikan Saham di BTMU-BRI Finance
BRI akan ambil alih 100% BTMU-BRI Finance, perusahaan patungan dengan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ. (Ilustrasi Foto Bloomberg)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) akan menambah kepemilikan saham di perusahaan pembiayaan BTMU-BRI Finance. Ini merupakan perusahaan patungan antara Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ dan BRI. Adapun Bank of Tokyo memiliki 55 persen saham dan 45 persen sisanya miliki BRI.

"Kami sudah punya 45 persen, akan kami tambah jadi 100 persen. Agenda ini kami masukkan dalam rencana bisnis bank (RBB) 2016," kata Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo, usai RUPSLB di kantor pusat BRI, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Dia mengatakan, BTMU-BRI Finance merupakan perusahaan pembiayaan dengan fokus utama pada alat-alat berat. Haru menyebutkan, pengambilalihan saham dari PT BTMU-BRI Finance akan seluruhnya menggunakan dana internal perseroan.

"Untuk menguasai 100 persen di BTMU-BRI Finance itu akan menggunakan dana internal perseroan. Dananya sekitar Rp500 miliar hingga Rp1 triliun," pungkas Haru.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam menambahkan, pengambilalihan tersebut untuk memperkuat integrasi layanan jasa keuangan di 2016. Di mana pada tahun ini, BRI telah menyelesaikan pengambilalihan perusahaan asuransi, yaitu PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera.

"Tahun ini kami memutuskan mengambil perusahaan asuransi dan pada tahun depan kami akan fokus ke perusahaan pembiayaan," tambah Asmawi.


(AHL)