Palestina Sepakati Pembukaan Konsulat RI di Ramallah

Willy Haryono    •    Senin, 14 Dec 2015 18:08 WIB
indonesia-palestina
Palestina Sepakati Pembukaan Konsulat RI di Ramallah
Menlu Retno Marsudi (kanan) berdialog dengan Menlu Palestina Riad al-Malki di Gedung Kemenlu, Jakarta, Senin (14/12/2015). (Foto: Antara Foto/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riad Al-Malki menyepakati pembukaan konsulat kehormatan RI di Ramallah, salah satu kota di Tepi Barat. 

 Ini merupakan pertemuan ketiga Menlu Retno dan Al-Malki sejak keduanya bertemu di Kuwait dan New York, Amerika Serikat.

"Tadi setelah ngobrol dan sebagai bentuk rasa ingin lebih dekat dengan Palestina, telah disetujui untuk membuka kantor konsulat kehormatan di daerah Ramallah tahun depan, dan Menlu Malki juga sudah setuju dengan orang yang kami tunjuk. Saat ini juga sudah dalam tahap administrasi," tutur Menlu Retno di Gedung Pancasila Kemenlu, Jakarta, Senin (14/12/2015).
 
Menurut Menlu Retno, konsulat kehormatan bukan satu-satunya representasi RI di Ramallah. Konsulat itu merupakan salah satu langkah maju Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Saat ini Indonesia dan Palestina telah melakukan kerja sama di bidang koordinasi teknologi dan capacity building, dan sudah menjalankan sekitar 200 program. 

"Kerja sama yang dijalankan dengan Palestina bukan hanya sendiri, tetapi secara trilateral, seperti dengan Swedia dan Jepang. Kami akan tingkatkan terus hubungan ini," kata Menlu Retno. "Ini prioritas hubungan bilateral antara kedua negara." (Nabila Gita)


(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA