Suhardiman Pernah Ramalkan Kemenangan SBY dan Jokowi

Mulvi Muhammad Noor    •    Senin, 14 Dec 2015 18:16 WIB
golkar
Suhardiman Pernah Ramalkan Kemenangan SBY dan Jokowi
Politikus senior Partai Golkar Sharif Cicip Sutarjo. (Foto: Metrotvnews.com/Mulvi)

Metrotvnews.com, Bogor: Jenazah pendiri Partai Golkar, Suhardiman, selesai dimakamkan di komplek pemakam keluarga di Villa Evergreen, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Suhardiman merupakan tokoh nasional yang pengalaman politiknya sudah tidak lagi diragukan, hingga dijuluki Dukun Politik.

Tokoh senior Golkar, Sharif Cicip Sutarjo membeberkan, Suhardiman dijuluki Dukun Politik lantaran prediksinya yang seringkali tepat sasaran. Suhardiman pernah menyebutkan bahwa Jokowi akan menjadi presiden ke tujuh.

"Saat ini ucapan beliau terbukti, Pak Jokowi menjadi presiden," kata Cicip.

Selain Jokowi, Suhardiman juga pernah sesumbar terkait kemenangan SBY pada Pemilu 2009 lalu. Seperti diketahui, pada tahun tersebut SBY kembali terpilih menjadi presiden RI untuk periode kedua.

"Ramalannya ini beliau katakan, sebelum banyak orang mengatakan hal itu. Makanya beliau dijuluki dukun politik ," kata dia.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era SBY ini menekankan, Suhardiman merupakan tokoh visioner. Ia memiliki visi karya yang sangat penting bagi perjalanan bangsa.

Dalam visi tersebut, terdapat harapan membuat ekonomi Indonesia menjadi lebih maju. Itu diwujudkan melalui sumbangsihnya, sebagai salah satu tokoh yang membidangi lahirnya Partaoi Golkar.

"Tanpa ekonomi maju, bangsa Indonesia yang akan menerima dampaknya. Karya Kekaryaan itu lah yang menjadi visi beliau untuk bangsa ," pungkas Cicip.


(MEL)