Libur Akhir Tahun, Sleman Targetkan 350 Ribu Wisatawan

Patricia Vicka    •    Senin, 14 Dec 2015 18:31 WIB
pariwisata daerah
Libur Akhir Tahun, Sleman Targetkan 350 Ribu Wisatawan
Perjalanan di lereng Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Ahmad Garuda)

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Libur akhir tahun kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Peluang itu tak mau disia-siakan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Wilayah yang berada di sebelah utara Daerah Istimewa Yogyakarta itu, menaruh target kunjungan wisatawan hingga 350 ribu. Angka itu lebih tinggi 10 persen dibanding kunjungan wisatawan pada periode yang sama tahun lalu.

"Dengan libur hanya empat hari dan libur anak sekolah dua minggu, kami perkirakan wisatawan ke Sleman bisa mencapai lebih dari 350 ribu orang," ujar Kepala Disbudpar Sleman, Ayu Laksmi Dewi, di Sleman, Yogyakarta, Senin (14/12/2015).

Destinasi wisata utama yang paling banyak diserbu oleh wisatawan adalah wisata lava tour Kaliurang dan Candi Prambanan. 

Untuk itu, pihaknya gencar melakukan promosi tempat wisata. Salah satunya, dengan mengadakan festival dan acara di tempat tujuan wisata. 

"Kami kerja sama dengan pihak ketiga melakukan Festival of Light di Gardu Pandang Kaliurang dari 10 Desember 2015 hingga 31 Januari 2016," jelas Ayu.

Selain itu, pihaknya juga gencar mempromosikan desa wisata sebagai alternatif pilihan wisatawan berlibur ke Yogyakarta. Desa wisata memiliki ciri khas tersendiri yang tak ditemui di perkotaan dan di hotel-hotel. "Pengunjung bisa melihat dan merasakan proses pertanian dan kehidupan di desa," tuturnya.

Pejabat Bupati Sleman Gatot Saptadi mengatakan akan membuka pos pemantauan lalu lintas di titik-titik yang biasanya paling banyak dikunjungi wisatawan. 

"Posko pantauan akan ada di Jalan Solo yang di dekat Candi Prambanan, lalu Jalan Magelang di dekat perbatasan Magelang dengan Yogya," kata Gatot sambil mengimbau warga dan wisatawan memanfaatkan jalur alternatif.


(SAN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA