Partai Demokrat Berupaya Perjuangkan Perlindungan Perempuan dan Anak

Riyan Ferdianto    •    Senin, 14 Dec 2015 19:09 WIB
partai demokrat
Partai Demokrat Berupaya Perjuangkan Perlindungan Perempuan dan Anak
Ilustrasi--Yusran Uccang

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrat prihatin dengan masih adanya ketidakadilan terhadap hak-hak perempuan. Partai berlambang bintang mercy ini mendukung semua upaya perlindungan terhadap kaum perempuan dan anak-anak.

"Maraknya kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi di masyarakat, banyak menimpa anak-anak. Hal-hal seperti kekerasan seksual sampai diakhiri pembunuhan. Semua itu harus dicarikan solusinya," kata Ketua Departemen Perlindungan Hak-kak Perempuan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) DPP Partai Demokrat Lis Dedeh dalam seminar bertema “Kepedulian Terhadap Perlindungan Perempuan dan Anak” di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Demokrat akan terus berjuang dan medorong parlemen untuk segera mengesahkan UU penghapusan KDRT. Mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan pelayanan pengawasan kepada masyarakat sampai ke tingkat paling bawah, atau rukun tetangga dalam upaya pencegahan KDRT.

"Selain itu, upaya-upaya konseling kepada pelaku dan pemberian pengetahuan kepada ibu-ibu tentang pencegahan kekerasan, terutama KDRT dan kekerasan seksual lainnya, yang juga melibatkan kaum pria,” ujarnya.

Dalam upaya terciptanya keadilan dan kesetaraan gender, maka diperlukan keselarasan antara produk UU Keadilan, dan Kesetaraan Gender dengan produk UU daerah atau aturan adat istiadat.

Dikatakan, untuk mengawali pemahaman kepada masyarakat tentang Keadilan dan Kesetaraan Gender (KKG) dan KDRT perlu dimulai dari generasi yang ada sekarang. Sehingga, budaya turun-temurun dan kebiasaan kekerasan dalam keluarga tidak terjadi lagi dan tidak akan diikuti oleh keturunannya.

"Untuk itu, konseling sebelum pranikah sangat diperlukan dan ini merupakan aturan wajib yang harus dilaksanakan oleh lembaga agama yang mengurusi perkawinan,” ujarnya.


(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

4 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA