Pengusaha Hutan Mengadu ke Ketua DPD

Annisa ayu artanti    •    Senin, 14 Dec 2015 19:40 WIB
kebakaran hutan
Pengusaha Hutan Mengadu ke Ketua DPD
Ketua DPD RI Irman Gusman (kanan) berbincang dengan Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Rahardjo Benyamin (kiri) saat melakukan pertemuan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/12). (ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) mengadu kepada DPD. APHI mengungkapkan situasi sosial yang sedang dihadapi beberapa daerah setelah kebakaran hutan melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Ketua APHI Purwanto mengatakan, Senin (14/12/2015) ini dirinya dan anggota APHI bertemu Ketua DPD Irman Gusman. APHI menyampaikan situasi sosial yang dihadapi di daerah sebagai dampak pembekuan izin operasi. Perusahaan-perusahaan itu dibekukan izinnya karena terindikasi penyebab kebakaran hutan.

Salah satu situasi sosial yang terjadi, kata Purwanto, terkait pemutusan hubungan kerja (PHK). Ini bisa memunculkan kerawanan sosial. Setelah izin operasi perusahaan dibekukan, banyak pekerja diberhentikan. Ini bisa menimbulkan kerawanan.

"Dampak dari pembekuan izin operasi perusahaan yang terindikasi terjadi kebakaran hutan tentu berdampak pada kegiatan operasi, pemutusan hubungan kerja," jelas Purwanto kepada Metrotvnews.com.

Kepada APHI, kata Purwanto, Ketua DPD Irman Gusman meminta Pemerintah bertindak lebih bijak. Pemerintah diminta bisa membuktikan kesalahan perusahaan yang terindikasi membakar hutan melalui proses hukum.

"Terhadap area yang terbakar silakan dibuktikan lewat proses hukum. Tetapi tidak berarti harus menghentikan kegiatan operasi perusahaan," kata Purwanto menirukan perkataan Irman Gusman.


(AHL)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

6 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA