Kota Yogyakarta Terima Dana Insentif Daerah Rp40 M

Patricia Vicka    •    Senin, 14 Dec 2015 20:43 WIB
anggaran
Kota Yogyakarta Terima Dana Insentif Daerah Rp40 M
Imam Priyono (kiri) saat menerima DID dari Kementerian Keuangan. Foto: Humas Pemkot Yogyakarta

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Kota Yogyakarta menerima Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan sebesar Rp40 Miliar. DID diberikan karena Pemkot Yogyakarta dinilai berprestasi dalam pencapaian kinerja kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah. Pemkot juga dinilai berprestasi dalam kinerja pelayanan dasar publik, kinerja ekonomi, dan kesejahteraan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Imam Priyono mengatakan akan memanfaatkan DID untuk hal-hal yang sangat dibutuhkan warga seperti memperbaiki infrastruktur. "Misalnya untuk memperbaiki  jalan di tempat X. Nanti volume dan biaya yang dikeluarkan akan jelas sehingga pemakaian dana juga jelas," ujar Imam melalui keterangan pers, di Yogyakarta, Senin (14/12/2015).

Iya juga berencana menggunakan dana itu untuk pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja, sebab pertumbuhan modal di Kota Yogyakarta sangat tinggi.

Namun, sebelum dimanfaatkan, pihaknya akan mengomunikasikan DID itu dengan DPRD Kota Yogyakarta. "Kira-kira pos mana yang pasti untuk dibiayai. Dana itu pastinya akan kami keluarkan untuk membiayai hal-hal yang dapat dirasakan langsung hasilnya oleh masyarakat,” ujar Imam.

Kepala DPDPK Kota Yogyakarta, Kadri Renggono, mengatakan ada dua variabel utama yang membuat Pemkot Yogyakarta menerima DID. Pertama, penetapan APBD Kota Yogyakarta sebelum 31 Desember yang telah menjadi Perda. Dan kedua adalah hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Kalau dua variabel utama ini dipenuhi berapapun besarnya pasti dapat DID,” ujar Kadri. 

Dana tersebut menurut Kadri akan dimasukkan ke kas daerah sambil menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Keuangan. Dana Insnetif itu dianugerahkan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo kepada Imam Priyono di Istana Negara Jakarta, Senin, 14 Desember.


(UWA)