Jokowi Minta Kereta Bandara Meluncur di Semester I-2017

Farhan Dwitama    •    Senin, 14 Dec 2015 20:47 WIB
kereta bandara
Jokowi Minta Kereta Bandara Meluncur di Semester I-2017
Jokowi saat memantau pembangunan stasiun dan rel kereta api, di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang. (FOTO: MTVN/Farhan)

Metrotvnews.com, Tangerang: Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjun langsung melihat konstruksi dan kesiapan infrastruktur pembangunan stasiun dan rel kereta api bandara.

"Lihat konstruksinya, relnya sudah double, yang penting semester I-2017 sudah bisa digunakan," kata Jokowi, saat memantau pembangunan stasiun dan rel kereta api, di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Senin (14/12/2015).

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry M. Baldan, dan Dirut Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi, memantau langsung pengerjaan proyek Stasiun yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta dan Stasiun Batu Ceper, Tangerang.

"Total ada 36 hektare (ha) yang terdiri dari 815 bidang tanah yang ada di lima Kecamatan dan delapan kelurahan, kira-kira Februari tahun depan semua lahan sudah selesai semua," ungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry M. Baldan.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang, Himsar, menambahkan, akan kembali melakukan pembebasan lahan milik warga yang terkena proyek pekerjaan kereta api bandara, pada 17 Desember besok.

"17 Desember kita bebaskan lagi, progresnya kira-kira 60 persen dari 36 ha itu," katanya.

Sekadar diketahui, sampai saat ini, realisasi pembebasan lahan warga yang terkena proyek kereta api bandara, baru mencapai 40 persen.

"Untuk pengadaan lahan 17 Desember besok, dananya Rp65 miliar, seperti yang diucapkan Pak Presiden tadi, Februari seluruh pengadaan lahan sudah selesai," ucap dia.


(AHL)