Keselamatan Lalu Lintas

Bukti Survei, Kendaraan Golongan 1 Over Speed di Tol

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 15 Dec 2015 09:20 WIB
keselamatan lalu lintas
Bukti Survei, Kendaraan Golongan 1 <i>Over Speed</i> di Tol
Kendaraan Golongan I cenderung lebihi batas kecepatan di tol. 9Comm

Metrotvnews.com, Majalengka: Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) bekerjasama dengan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menggelar pemeriksaan dan penertiban kecepatan kendaraan di Tol Cipali, pada Senin, 14 Desember lalu.

Hal ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ditegaskan, bahwa batas kecepatan di jalan bebas hambatan paling rendah adalah 60 kilometer per jam, dan paling tinggi 100 km per jam.

Pemeriksaan kecepatan dilakukan dengan menggunakan alat speed gun, yang dapat mendeteksi laju kendaraan ketika melintas di ruas tol. Titik pengecekan dilakukan di KM 165 arah Palimanan.

Wakil Direktur Utama PT LMS, Hudaya Arryanto mengatakan, berdasarkan survey kecepatan kendaraan Golongan I (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus), cenderung melebihi batas kecepatan maksimal di atas 100 km per jam.

Sedangkan untuk kendaraan besar Golongan III-V (Truk dengan 3, 4 dan 5 gandar) seperti truk dan sejenisnya, cenderung melaju di bawah batas kecepatan minimum. Sekitar 75 persen kendaraan Golongan III-V berjalan dengan kecepatan di bawah 60 km/jam, dengan rata-rata kecepatan sekitar 55 km per jam.

Menurut Hudaya, hal ini sangat berbahaya karena berpotensi terjadinya kecelakaan dan tabrak belakang, apalagi jika pengemudi kurang antisipasi akibat kondisi fisik yang telah mencapai titik lelah.

Dia menjelaskan, disiplin berkendara dan menjaga jarak kendaraan dalam batas yang ditentukan, menjadi faktor yang sangat penting menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan tol.


(UDA)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

4 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA