Facebook Hapus Sinkronisasi Foto, Rayu Pengguna Pakai Aplikasi Moments

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 15 Dec 2015 08:26 WIB
facebook
Facebook Hapus Sinkronisasi Foto, Rayu Pengguna Pakai Aplikasi Moments
Aplikasi Moments dari Facebook

Metrotvnews.com: Facebook dilaporkan akan menghapus fitur Synced from Phone mulai 10 Januari 2016. Sebagai gantinya, Facebook akan meminta pengguna untuk dengan mengunduh aplikasi Moments. Keputusan Facebook ini dinilai beberapa pengamat cukup kontroversial.

Langkah serupa pernah dilakukan yang sebelumnya. Tahun lalu, Facebook menonaktifkan fitur pesan pada aplikasi utamanya, guna mendorong pengguna mengunduh aplikasi Messenger mandiri. Perilaku berbagi foto yang lebih banyak memanfaatkan perangkat mobile, sebut Facebook, menjadi alasan dibalik keputusannya ini.

Peralihan ini, jelas Facebook, juga memberikan pilihan untuk memindahkan foto yang telah tersimpan ke aplikasi Moments. Pada aplikasi ini, sebut Facebook, pengguna juga dapat melihat, mengunduh atau menghapus foto.

Moments yang diluncurkan pada Juni tahun lalu, dinilai sebagai cara Facebook untuk mengoptimalkan teknologi karyanya. Aplikasi ini juga menyematkan informasi terkait lokasi dan data pada foto.

Berbeda dengan aplikasi mobile pesaingnya seperti Slingshot, Rooms, dan Riff yang dinilai kurang beruntung, popularitas Moment mengalami peningkatan sejak diluncurkan. Aplikasi ini dilaporkan masuk ke dalam daftar 10 aplikasi terpopuler versi toko aplikasi Android dan iOS.


(MMI)