Kemitraan Strategis, Fokus 57 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Jepang

Sonya Michaella    •    Selasa, 15 Dec 2015 09:14 WIB
indonesia-jepang
Kemitraan Strategis, Fokus 57 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Jepang
Perayaan peringatan Ultah Kaisar Jepang di Jakarta (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun ini, hubungan diplomatik Indonesia dan  Jepang memasuki usia yang ke 57 tahun. Kemitraan strategis menjadi kerja sama kedua negara, ini diperlihatkan dari rencana pertemuan 2+2 Kamis 12 Desember mendatang.

Kedutaan Besar Jepang di Jakarta mengadakan peringatan Ulang Tahun ke-82 Kaisar Jepang. Peringatan ini turut dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla

Duta Besar Jepang Yasuaki Tanizaki yang menjadi tuan rumah acara mengungkapkan bahwa hubungan dua negara sudah menunjukkan perkembangan yang luar biasa.

"Selama ini, Indonesia sudah memegang peran kepemimpinan dalam membina kedamaian, stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara," tutur Dubes Tanizaki.

"Asia Timur dan Asia Tenggara adalah salah satu inti perekonomian dunia dan kekuatan pengendali yang terus bertambah besar," ujarnya.

Dubes Tanizaki juga menambahkan tentang Pertemuan 2+2 yang akan diadakan Kamis 15 Desember di Tokyo. Pertemuan ini dihadiri Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan antara Indonesia dan Jepang.

Konsep kemitraan strategi adalah topik yang akan dibahas pada pertemuan ini. Ditambah dengan masalah internasional, Laut China Selatan, dan langkah-langkah anti terorisme.

Melalui pertemuan 2+2 ini kedua negara akan membahas keamanan kawasan yang bisa berpengaruh pada kelangsungan hubungan Indonesia dan Jepang. Selain itu, penguatan di bidang ekonomi turut menjadi menjadi perhatian utama.


(FJR)

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

1 hour Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengusut pihak-pihak lain yang diduga terlibat kasus k…

BERITA LAINNYA