Pilkada di Kabupaten Manggarai Barat

Pembakaran Kotak Suara di NTT, 28 Orang Diperiksa

Antara    •    Selasa, 15 Dec 2015 11:17 WIB
pilkada serentak
Pembakaran Kotak Suara di NTT, 28 Orang Diperiksa
Foto: Ilustrasi penjemputan kotak suara/Ant_Sahrul Manda Tikupadang

Metrotvnews.com, Kupang: Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, telah memeriksa 28 orang dalam kasus perusakan Kantor Camat Ndoso dan pembakaran kotak surat suara. Namun, polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus ini.

"Polisi masih terus mengejar pelaku lain, yang diduga ikut dalam aksi pembakaran itu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT AKBP Jules Abraham Abbas kepada Antara di
Kupang, Selasa (15/12/2015).

Jules mengatakan, mereka yang ditangkap petugas berasal dari beberapa desa di Kecamatan Ndoso. Di antaranya Desa Tentang dan Dusun Ndoso.

Kepala Desa Ndoso Aloysius Sawul dan seorang tim pemenangan salah satu kandidat berinisial SB diduga kuat menjadi otak aksi perusakan, pada Jumat (11/12/2015) malam itu.

Aksi itu berawal dari desakan penghentian rekapitulasi surat suara oleh pendukung calon bupati dan calon wakil bupati Manggarai Barat Maksi Gasa-Abdul Aziz karena prosesnya dinilai menyalahi aturan. Namun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ndoso menolaknya.

Jules Abraham Abbas menjelaskan, para pelaku diduga merupakan pendukung calon bupati dan wakil bupati yang kalah dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015.

"Penyidik sudah melakukan olah TKP dan pemeriksaan terhadap seluruh pelaku, dilanjutkan ke Mapolres Manggarai Barat di Labuan Bajo," ujar dia.

Selain itu, barang bukti berupa 54 kotak berisi surat suara yang hangus sudah diamankan," imbuh dia.

Para pelaku diancam Pasal 170 Ayat (1) juncto Pasal 406 Ayat (1) KUHP juncto Pasal 416 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.


(TTD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

17 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA