Bea Cukai Sita Jutaan Batang Rokok dan Ribuan Miras Ilegal

Afrizal Boy    •    Selasa, 15 Dec 2015 13:46 WIB
bea cukai
Bea Cukai Sita Jutaan Batang Rokok dan Ribuan Miras Ilegal
Foto ilustrasi. (Ant/Andreas Fitri Atmoko)

Metrotvnews.com, Jambi: Jutaan batang rokok dan ribuan botol minuman keras disita Kantor Bea Cukai Sumatera Selatan. Barang ilegal itu didapatkan dari beberapa wilayah seperti pelabuhan dan pertokoan di Provinsi Jambi.

"Barang bukti itu disita dari beberapa wilayah selama tiga bulan terakhir," kata Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagsel, M Aflah Farobi saat diwawancarai Metro TV, Selasa (15/12/2015).

Pada periode September-November 2015, aparat Bea Cukai Sumbagsel menyita 8.168.720 batang rokok berbagai merek dan 7.362 kilogram tembakau iris. Selain itu, petugas juga menyita 3.452 botol minuman keras mengandung etil alkohol. 

Aflah menyebutkan, barang-barang ilegal tersebut selain tidak membayar cukai, juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat. Di samping itu, juga untuk memberikan perlindungan untuk pengusaha barang kena cukai yang melakukan kegiatan usaha seacra benar dan legal.

"Kalau ada barang ilegal, kasihan pengusaha yang taat hukum. Ini upaya kami melindungi pengusaha juga," kata dia. 

Saat ini pelaku pemilik barang haram tersebut sedang menjalani proses hukum di kepolisian. Mereka diduga melanggar UU No 39/2007 tentang perubahan UU No 11/1995 tentang Cukai.


(SAN)