Pemilik 'Taman' Enceng Gondok Sediakan Lokasi Selfie

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 15 Dec 2015 13:58 WIB
taman
Pemilik 'Taman' Enceng Gondok Sediakan Lokasi Selfie
Karsono, pemilik ladang Enceng Gondok. (Foto: Metrotvnews.com/ Mustaqim)

Metrotvnews.com, Bantul: Tak ingin bernasib sama dengan kebun bunga Amaryllis, Karsono (48), pemiliki 'taman' bunga Enceng Gondok di Dusun Karangasem, Desa Palbapang, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan pengelolaan ladang kepada masyarakat. Salah satunya lokasi untuk selfie.

Ladang Enceng Gondok seluas 100 meter persegi itu dipasangi papan pengumuman dari kertas dan bambu. Papan-papan itu berisi peringatan dan petunjuk lokasi selfie.



"Biar enggak rusak, kami sediakan lokasi poto selfie," kata Karsono saat ditemui di halaman rumahnya, Selasa (15/12/2015).

Karsono mengungkapkan dirinya sudah sejak awal meminta para pemuda di desanya untuk menjaga bunga Enceng Gondok agar bisa dinikmati pengunjung. Petunjuk berisi tulisan 'Dilarang memetik dan merusak bunga agar tetap indah. Terimakasih' pun terpampang sebagai peringatan untuk para pengunjung.

"Ya agar dipelihara dengan baik-baik. Kalau foto, di lokasi yang kami sediakan agar tidak merusak tanaman," ujarnya.



Dia menjelaskan, pengunjung boleh mengambil bunga Enceng Gondok yang ada di ladang, hanya lokasinya terbatas. Untuk lokasi utama seluas 100 meter persegi, pengunjung tidak diperkenankan mengambil bunga.

Karsono hanya mengizinkan pengunjung mengambil bunga Enceng Gondok di lokasi lain yang berseberangan dengan lokasi utama ladang.

"Luasnya juga 100 meter (persegi). Pengunjung bisa mengambil bunga tapi ya jangan banyak banyak," ucapnya.



(MEL)