Lima Anggota Polda Sumut Dikirim ke Sudan

Budi Warsito    •    Selasa, 15 Dec 2015 14:35 WIB
polri
Lima Anggota Polda Sumut Dikirim ke Sudan
Dua anggota Polda Sumut (kiri dan kanan) dikirim ke misi perdamaian dunia di Sudan, MTVN - Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Lima anggota Polri mendapat tugas bergabung dengan misi perdamaian dunia di Darfur, Sudan. Mereka pun menjalani berbagai seleksi yang cukup ketat untuk menempuh tugas khusus tersebut.

Kelima orang itu bergabung dalam pasukan khusus bernama Formed Police Unit. Satu di antaranya yaitu Wakil Kepala Satuan Tugas Lalu Lintas Polda Sumatra Utara Kompol Andiko Wicaksono. Sementara empat lain merupakan anggota Sabtuan Brimob Polda Sumut yaitu Ipda David Manihuruk, Brigadir Andi Antoni, Brigadir Zulfikar, dan Briptu M Syahputra Harahap. 

"(Berangkat) Tanggal 26 Desember tujuan Sudan dan bertugas selama satu tahun," ujar Brigadir Zulfikar saat ditemui di Mako Brimob, Jalan Wahid Hasyim, Medan Sumatera Utara, Selasa (15/12/2015). 

Mereka mewakili Sumut dalam misi perdamaian dunia. Setelah lolos seleksi, mereka pun menjalani pelatihan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, selama lima bulan, mereka mendapat pelatihan dari kepolisian Italia.

"Yang melatih Carabienary. Mereka adalah polisi Italia, Carabienary itu kalau kita di Indonesia Brimobnya," papar Zulfikar. 

Zulfikar mengaku mereka membekali diri dengan senjata khusus buatan PT Pindad ke Sudan, yakni SS2 V5. " Kalau saya dan teman saya pegangannya nanti senjata mesin ringan (SMR). Senjata yang biasa dipasang di atas Baracuda," pungkas Zulfikar. 


(RRN)