Kentongan, Aplikasi untuk Ketua RT

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 15 Dec 2015 15:55 WIB
aplikasi
Kentongan, Aplikasi untuk Ketua RT
Saddam Rajief saat menunjukkan aplikasi kentongan di Acara Jambore Desa.

Metrotvnews.com, Wonosobo: Bagi anda yang saat ini menjadi ketua Rukun Tangga (RT), mungkin Anda akan tertarik untuk mencoba aplikasi bernama Kentongan.

Pada dasarnya, aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan komunikasi antara Ketua RT dengan warganya. Selain itu, warga juga bisa melaporkan peristiwa-peristiwa darurat. Nantinya, setiap warga yang sudah terdaftar akan mendapatkan notifikasi dari setiap aktivitas yang dilakukan menggunakan aplikasi Kentongan.

Aplikasi ini dibuat oleh Saddam Rajief dan timnya di Yogyakarta. Aplikasi ini juga menjadi juara nasional dalam kegiatan Hackathon yang berlangsung belum lama ini. Menurut Saddam, teknis penggunaannya cukup mudah.

Ketua RT akan diarahkan untuk memasang aplikasi Kentongan. Setelah aplikasi tersebut terpasang, Ketua RT bisa mengundang warga lainnya melalui email ataupun SMS untuk menggunakan aplikasi Kentongan.

"Tapi yang mendaftar hanya ketua RT saja. Sementara warga yang diundang untuk mengunduh aplikasi, akan secara otomatis terdaftar sebagai bagian dari RT tersebut," kata Saddam saat memamerkan aplikasinya di Bazar jambore Desa di Desa Wulungsari Kec. Selomerto Kab. Wonosobo Jawa Tengah, Selasa (15/12/2015).

Nantinya, warga diminta untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan, terutama nomor telepon. Nomor telepon ini nantinya akan memudahkan RT untuk menindaklanjuti ketika ada laporan yang masuk.

"Nanti warga bisa melaporkan peristiwa yang terjadi. Misalkan ada kecelakaan, orang sakit atau lainnya. Laporan tersebut, nantinya akan muncul pada smartphone setiap pengguna aplikasi di RT dan bisa ditindaklanjuti melalui nomor telepon yang tercantum," kata Saddam.

Aplikasi ini juga memudahkan ketua RT untuk memberikan informasi kepada warganya. Jika sebelumnya ketua RT harus mengirimkan SMS satu per satu kepada warga, dengan adanya aplikasi ini, ketua RT cukup membuat info kegiatan dan nantinya info tersebut akan diterima oleh seluruh warga yang menggunakan aplikasi Kentongan.

Warga juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengundang warga lainnya dalam acara pernikahan atau acara lainnya. Untuk melakukan ini, mereka harus menghubungi ketua RT terlebih dulu.

"Nanti warga bisa minta tolong ke RT, untuk mengundang warga sekitar ke acara pernikahan ataupun acara lainnya. Sehingga pmberitahuan tersebut menjadi praktis," kata Saddam.

Menurut Saddam, untuk saat ini aplikasi kentongan memang masih hanya diperuntukkan untuk RT saja, mengingat masih banyak perbaikan yang harus dilakukan, terutama ruang penyimpanan data.

Namun kedepannya, dirinya berharap apliakasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk jumlah warga yang lebih banyak lagi. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa berkunjung ke situs resmi kentongan dengan alamat www.kentongan.org.


(MMI)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

7 minutes Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA