KPU Akui Kurang Sosialisasi sehingga Partisipasi Pemilih Rendah

Batur Parisi    •    Selasa, 15 Dec 2015 16:12 WIB
pilkada serentak
KPU Akui Kurang Sosialisasi sehingga Partisipasi Pemilih Rendah
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Serang: Ketua KPU Banten Agus Supriyatna mengakui partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 lebih rendah ketimbang target. Salah satu faktornya adalah sosialisasi yang kurang tersampaikan ke masyarakat.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna mengatakan target pemilih yaitu 77 persen. Tapi, katanya, pencapaian partisipasi masyarakat di empat daerah yang melaksanakan Pilkada jauh dari target.

Agus menyebutkan tingkat partisipasi di Kabupaten Pandeglang hanya 56,88 persen. Partisipasi di Cilegon sebanyak 63,19 persen; di Serang sebanyak 50,81 persen; dan Kota Tangerang Selatan sebanyak 57,99 persen.

"Semuanya memang dibawah target 77 persen. Trennya di seluruh Indonesia sama," kata Agus di Serang, Selasa (15/12/2015).

Agus mengakui kurang menyosialisasikan tahapan Pilkada berikut pasangan calon. Pada Pilkada 2015, KPU mendominasi sosialisasi pasangan calon.

Peraturan itu berbeda dari pilkada sebelumnya. Yaitu, pasangan calon lebih leluasa menyosialisasikan visi dan misi masing0masing ke masyarakat.



(RRN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

17 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA