15 Warga Sipil Yaman Tewas dalam Serangan Udara Koalisi Arab

Fajar Nugraha    •    Selasa, 15 Dec 2015 16:15 WIB
yaman
15 Warga Sipil Yaman Tewas dalam Serangan Udara Koalisi Arab
Wilayah Yaman jadi target serangan koalisi pimpinan Arab Saudi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Dubai: Serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi kembali menghantam Yaman. Kali ini 15 warga sipil setempat menjadi korban.

Serangan itu terjadi beberapa jam sebelum gencatan senjata akan diterapkan. Gencatan senjata antara pihak pemerintah dan pemberontak ini merupakan buah negosiasi yang dimedia oleh PBB di Swiss.

Warga setempat mengatakan, jet tempur melancarkan dua serangan udara di Desa Bani al-Haddad, Provinsi Hajjah yang berbatasan dengan Arab Saudi. Serangan itu menewaskan 13 jiwa dan melukai 20 lainnya. Demikian diberitakan Reuters, Selasa (15/12/2015).

Dua warga lainnya meninggal setelah petugas medis mencoba untuk mengevakuasi warga yang terkena serangan. Pihak koalisi pimpinan Arab Saudi tidak memberikan konfirmasi mengenai insiden ini, mereka menyebutkan bahwa tidak pernah menargetkan warga sipil.

Sementara mengenai gencatan senjata, pihak koalisi pimpinan Arab Saudi diminta oleh Presiden Yaman Abed Rabbu Mansour Hadi. Dia meminta gencatanan dengan Pemberontak Houthi ini dimediasi PBB di Swiss.

Mengenai serangan di saat penerapan gencatan senjata akan aktif, pernyataan yang dilakukan oleh pihak Arab Saudi melalu kantor berita SPA menyebutkan bahwa mereka berhak untuk merespons pelanggaran gencatan senjata.

Koalisi pimpinan Arab Saudi sudah melakukan serangan terhadap Houthi sejak Maret. Serangan dilakukan setelah pihak Houthi mengendalikan sebagian besar Yaman.
 


(FJR)

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

1 hour Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengusut pihak-pihak lain yang diduga terlibat kasus k…

BERITA LAINNYA