Ratusan Napi di Jabar Bakal Dapat Remisi Natal

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 15 Dec 2015 16:16 WIB
remisi
Ratusan Napi di Jabar Bakal Dapat Remisi Natal
Foto ilustrasi. (ant/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Bandung: Damai Natal membawa angin suka cita bagi ratusan narapidana di Jawa Barat. Pada perayaan Natal 2015 ini, Kementerian Hukum dan Ham akan memberikan remisi bagi narapidana umum dan khusus di 31 lembaga pemasyarakatan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Agus Toyib mengatakan, sebanyak 251 orang dari total 13.206 narapidana diusulkan mendapat Remisi Khusus Natal 2015. Atas hadiah pengurangan hukuman itu, 16 narapidana bakal bebas. 

"Dari 251 orang yang memperoleh Remisi Natal ini, ada 16 narapidana yang diusulkan bebas karena habis masa hukumannya," ungkap Agus kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/12/2015).

Usulan remisi itu, kata Agus, berdasarkan PP Nomor 28/2006 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Kemasyarakatan. "Untuk pidana umum itu minimal menjalani hukuman 6 bulan penjara baru bisa mengajukan remisi," tandasnya.

Dia menjelaskan, jumlah usulan remisi bisa bertambah. Sebab, belum semua rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan mengajukan usulan.


(SAN)