Ridwan Kamil: Selama 2015 Perputaran Uang di Bandung Rp6 Triliun

Roni Kurniawan    •    Selasa, 15 Dec 2015 17:42 WIB
kota bandung
Ridwan Kamil: Selama 2015 Perputaran Uang di Bandung Rp6 Triliun

Metrotvnews.com, Bandung: Kota Bandung menjadi salah satu kota tujuan wisata baik domestik maupun asing yang menyajikan destinasi wisata kuliner hingga fashion.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan pendapatan daerah selama 2015 di kota Bandung mencapai Rp6 triliun. Dia bahkan menyebut, jumlah belum termasuk transportasi, penginapan hingga tempat hiburan yang disinggahi wisatawan.

"Sekali belanja habis satu juta, belum buat transportasi dan menginap. Total perputaran uang mencapai Rp6 triliun. Uang satu juta itu dihabiskan turis biasa, belum yang turis karaoke," ujar pria yang akrab disapa Emil, di Hotel Grand Panghegar, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Selasa (15/12/2015).

Emil menyebut, sekitar 6 juta wisatawan singgah di Kota Bandung termasuk menikmati berbagai kuliner. Jumlah tersebut melebihi jumlah warga Kota Bandung yang hanya mencapai 2,7 juta jiwa. Dia mengatakan, turis asal Malaysia paling banyak datang ke Bandung untuk belanja di pusat perbelanjaan tekstil dan fashion, Pasar Baru.

"Orang Malaysia kalau belanja ke Pasar Baru bisa Rp25 juta dari pagi sampai sore," katanya.

Untuk lebih meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Kembang pada tahun 2016, Emil mengaku terus berupaya memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para wisatawan yang menikmati liburan. Salah satunya dengan memperbaiki infrastruktur serta menghadirkan kartu multifungsi untuk berbagai transaksi.

"Pelan-pelan kota ini kami perbaiki. Sehingga diharapkan orang semakin nyaman dan betah melakukan transaksi ekonomi," tegas suami Atalia ini. 


(MEL)