Pertamina Jaring Investor untuk Kilang Baru di Tuban

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 15 Dec 2015 19:45 WIB
kilang minyak
Pertamina Jaring Investor untuk Kilang Baru di Tuban
Kilang Baru, Tuban. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) telah menjaring calon investor yang akan menjadi partner pembangunan kilang baru di Tuban, Jawa Timur.

Direktur Hulu Pertamina, Rachmat Hardadi mengatakan, pihaknya telah menyebar undangan kepada 36 calon investor untuk pembangunan kilang baru Tuban. Dari 36 calon, Rachmat menuturkan sudah ada 12 investor yang merespons. Namun, pihak Pertamina masih menunggu respons lain hingga 7 Januari 2016.

"Dua minggu sebelumnya, kirim undangan ke 36 perusahaan kelas dunia yang lolos prakualifikasi. Dari 36, yang respons 12. Kami akan tunggu sampai 7 Januari," kata Rachmat, saat konferensi pers usai acara 'Refinary Day 2015' di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Rachmat menyebutkan, 12 calon investor diantaranya, JX Nippon dan Idemitsu dari Jepang, Rosmacht dari Rusia, Saudi Aramco dari Arab Saudi, Kuwait Petroleum Corporation dari Kuwait, dan Indian Oil Corporation dari India. 

"Setelah itu dilakukan penyaringan, sehingga Februari bisa dapat kandidat yang potensial dan pada saat akhir Februari ada partner untuk melangkah tahapan berikutnya," ucap dia.

Lebih lanjut, kata Rachmat, setelah penyaringan kandidat, diharapkan akhir Februari atau awal Maret partner strategis bisa ditemukan.

Rachmat juga menambahkan, untuk skema pendanaan kilang Tuban nantinya 50 persen Pertamina dan 50 persen investor dari total investasi USD8 miliar hingga USD10 miliar.

"Porsi equity-nya 30-40 persen dari nilai project dan sisanya dari pinjaman," pungkas dia.


(SAW)