AS Minta Turki Tingkatkan Usaha Melawan ISIS

Willy Haryono    •    Selasa, 15 Dec 2015 20:41 WIB
isis
AS Minta Turki Tingkatkan Usaha Melawan ISIS
Menhan AS Ashton Carter berbicara ke personel militer AS di atas kapal USS Theodore Roosevelt, 5 November 2015. (Foto: AFP / Senior Master Sgt. Adrian Cadiz / DOD)

Metrotvnews.com, Incirlik: Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter mendesak Turki berbuat lebih banyak dalam membantu menghancurkan kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Komentar Carter terlontar di awal tur sang menteri di Timur Tengah, yang bertujuan mendorong semangat pasukan lokal dalam misi koalisi global. 

Berbicara kepada awak media dalam perjalanan menuju pangkalan udara Incirlik di selatan Turki, Carter mengatakan Ankar perlu memperketat pengawasan di daerah yang berbatasan dengan Suriah. Terdapat satu kawasan sepanjang 98 kilometer di perbatasan Turki-Suriah yang diyakini AS digunakan ISIS untuk transaksi jual beli ilegal dan jalur masuk militan asing.

"Turki mempunyai peran besar untuk dijalankan," kata Carter, dalam perjalanan pertamnya ke Incirlik sebagai Menhan, seperti dilansir Reuters, Selasa (15/12/2015).

"Kami mengapresiasi apa yang sudah mereka lakukan saat ini. Kami ingin mereka berbuat lebih banyak lagi," sambung dia. 

Carter mengatakan AS berharap Turki mau bergabung dalam operasi "udara dan darat" dalam menggempur ISIS. "Kontribusi penting dari Turki adalah letak geografisnya. Mereka harus menjaga perbatasan mereka dengan baik."

Incirlik memainkan peran penting dalam misi koalisi AS melawan ISIS, yang saat ini menyimpan 59 pesawat dari AS, Turki, Qatar dan Jerman. 

Sekitar 45 dari 59 pesawat yang digunakan di Incirlik berasal dari AS, termasuk pesawat berawak dan tanpa awak. 


(WIL)