Rekapitulasi Suara Pilkada di Jatim Mulai Dilakukan 16 Desember

Amaluddin    •    Selasa, 15 Dec 2015 22:17 WIB
pilkada serentak
Rekapitulasi Suara Pilkada di Jatim Mulai Dilakukan 16 Desember
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 14 daerah di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur akan merekapitulasi surat suara pemilihan kepala daerah serentak pada, Rabu, 16 Desember besok. Sementara enam daerah lainnya akan merekapitulasi suara pada Kamis, 17 Desember.

Komisioner KPU Jawa Timur Choirul Anam mengatakan sebagian besar KPU di Jatim telah merampungkan rekapitulasi di tingkat Kecamatan melalui Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

"Saya berharap pasangan calon, parpol pengusung, masyarakat pendukung, hingga aparat keamanan bisa menjaga kondisi yang sudah kondusif agar proses pilkada serentak berjalan sesuai tahapan yang ada," ujar Anam, saat dihubungi Metrotvnews.com, di Surabaya, Selasa (15/12/2015).

Adapun 14 daerah yang akan melaksanakan rekapitulasi pada Rabu 16 Desember 2015 besok, yakni Kabupaten Blitar, Kota Surabaya, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Gresik, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tuban, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Sidoarjo, Kota Blitar, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan dan Kabupaten Kediri.

"Sementara untuk Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Sumenep rekapiluasinya akan dilaksanakan pada, Kamis 17 Desember besok. Sesuai tahapan, rekap di KPU kabupaten-kota akan dilaksanakan 16-18 Desember," ujar mantan komisioner KPU Kota Surabaya itu.

Anam menyarankan jika dalam proses rekapitulasi terjadi selisih atau perbedaan jumlah maka saksi pasangan calon, panwaslu, dan KPU agar mencocokkan data. "Jika disepakati terjadi kekeliruan atau salah tulis, ya dibetulkan lalu ditandatangani ketua KPU dan saksi," kata dia.

Sebaliknya, jika saksi dari pasangan calon ngotot maka KPU kabupaten/kota harus meminta fatwa (pendapat) dari panwaslu setempat. "Kalau panwaslu sudah memerintahkan membuka kotak DAA untuk mencocokkan data tapi masih belum terjadi kesepakatan, maka sebaiknya tulis keberatan tersebut di form DD2 (keberatan saksi) tanpa mengganggu proses rekapitulasi," kata dia.

Jadwal Rekapapitulasi di Tingkat KPU kabupaten/kota di Jawa Timur:

1. Blitar, Rabu 16 Desember. 
2. Surabaya, Rabu 16 Desember.
3. Trenggalek, Rabu 16 Desember.
4. Sumenep, Kamis 17 Desember.
5. Gresik, Rabu 16 Desember.
6. Ponorogo, Rabu 16 Desember.
7. Lamongan, Kamis 17 Desember.
8.Tuban, Rabu 16 Desember.
9.Ngawi, Rabu 16 Desember.
10. Sidoarjo, Rabu 16 Desember.
11.Kota Blitar, Rabu 16 Desember.
12. Pacitan, Rabu 16 Desember.
13. Jember, Kamis 17 Desember.
14. Situbondo, Kamis 17 Desember.
15. Malang, Rabu 16 Desember.
16. Mojokerto, Rabu 16 Desember.
17. Banyuwangi, Kamis 17 Desember.
18. Kota Pasuruan, Rabu 16 Desember.
19. Kediri, Rabu 16 Desember.



(UWA)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

4 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA