Basaria Jamin Tak Tebang Pilih Jika Jadi Pimpinan KPK

Damar Iradat    •    Rabu, 16 Dec 2015 06:07 WIB
capim kpk
Basaria Jamin Tak Tebang Pilih Jika Jadi Pimpinan KPK
Gedung KPK/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) Basaria Panjaitan berjanji tidak akan tebang pilih kasus jika terpilih sebagai pimpinan KPK. Semua kasus korupsi perlu digarap.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan bersama komisi III DPR RI, Basaria sempat ditanya soal lebih memilih kasus korupsi dengan jumlah kerugian negara kecil atau besar. Dengan tegas ia menjawab, pemberantasan korupsi tidak perlu melihat nominal kerugian yang diderita negara.

"Kita tidak usah milih-milih kasus. Jangan bilang soal prioritas yang besar-besar," ungkap Basaria di Komplek DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2015).

Basaria yang juga merupakan perwira polisi pun dipertanyakan independensinya. Memang sempat ada kekhawatiran dari publik jika Basaria terpilih, pemberantasan korupsi akan tebang pilih, khususnya korupsi yang menyangkut institusi korps Bhayangkara itu.

Namun, sekali lagi ia tegas tidak akan tebang pilih soal pemberantasan korupsi. Jika memang orang itu bersalah, maka proses penyelidikan akan terus dilakukan.

"Pada prinsipnya, kita lihat kasusnya bukan siapanya. Sepanjang ada unsur-unsur tertentu harus ditindak. Bukan lihat orangnya. Jangan ada perbedaan dia polisi atau tidak. Masalah independensi, saya pikir saya tidak perlu banyak basa-basi," tegas dia.


(OJE)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA