5 Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Smartphone

   •    Rabu, 16 Dec 2015 06:29 WIB
tips & trik
 5 Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Smartphone
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Kita membawa smartphone nyaris kemana pun kita pergi, dan dengan kemampuan prosesor yang terus meningkat dan didukung koneksi 4G LTE, ia bisa menjadi asisten pribadi yang andal. 

Selain sebagai sarana hiburan, smartphone bisa meningkatkan produktivitas Anda dengan cara yang sama sekali baru. Bagaimana caranya? Simak 5 langkah sederhana berikut ini.

1. Atur Ulang Beranda Anda
Layar beranda atau home screen sangat penting ditata, karena ia adalah hal pertama yang Anda lihat ketika mengaktifkan ponsel. Untuk mencegah godaan aplikasi non-produktif seperti Angry Birds, Path, Facebook, Twitter, Clash of Clans atau Candy Crush Saga, tempatkan widget aplikasi produktivitas di bagian depan, sementara aplikasi lain di bagian belakang.

Mungkin terkesan sederhana, tetapi dengan mengedepankan aplikasi penting, pikiran Anda akan terfokus dengan apa yang ingin dikerjakan. Hal ini demi mencegah godaan untuk mengutamakan akses ke media sosial atau game. Jangan lupa mengatur pula aplikasi mana yang boleh setiap saat mengirimkan notifikasi kepada Anda (lihat caranya di sini).

2.  Atur waktu aktif dan nonaktif
Beberapa smartphone sudah dilengkapi menu untuk mengatur waktu nonaktif dan aktif secara otomatis. Mengaktifkan fitur ini mencegah Anda untuk melihat smartphone setiap saat. Mengapa? karena produktivitas orang dapat menurun ketika seringkali melihat smartphone hanya untuk melihat media sosial atau bermain game. 

Contohnya, ketika Anda sedang serius menggarap presentasi penting, dan tiba-tiba smartphone mendapatkan notifikasi dari Path atau Twitter. Bayangkan jika Anda melakukannya selama 50 kali dalam 20 menit. Sisi positif lain dari fitur ini adalah smartphone tidak melulu mencari sinyal seluler atau WiFi, sehingga dapat menghemat daya baterai.

3.  Pastikan koneksi internet lancar
Koneksi yang cepat dan stabil adalah keharusan untuk menjaga Anda tetap produktif. Koneksi 4G LTE Smartfren merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini karena sudah tersedia di 22 kota besar di Indonesia, yaitu Aceh, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Batam, Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Jogja, Solo, Malang, Madiun, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Banjarmasin, Balikpapan. Smartfren juga menjadi operator pertama yang menerapkan LTE-Advanced dengan metode Carrier Aggregation. Artinya, koneksi internetnya lebih cepat, stabil dan lebih luas.

Anda bisa menjadikan 4G LTE Smartfren sebagai layanan data utama karena ia kompatibel dengan sebagian besar ponsel 4G di pasar saat ini. Selain dengan Andromax, Anda bisa menggunakan kartu 4G LTE Smartfren di iPhone 6, iPhone 6S, Galaxy Note 4 dan Galaxy Note 5, seri Google Nexus terbaru, dan beberapa ponsel kelas menengah ke bawah: Lenovo A6010, Samsung Galaxy J2 dan lain-lain.

4.  Pilih aplikasi yang tepat
Begitu banyak aplikasi yang mendukung produktivitas kerja Anda. Namun, memasang aplikasi terlalu banyak juga tidak bagus. Oleh karena itu, pastikan aplikasi kerja yang terpasang benar-benar dibutuhkan. Misalnya, Google Keep, Docs, Sheet, Microsoft Outlook dan Google Drive. Aplikasi penting lainnya adalah editor file dokumen seperti WPS Office, yang biasanya juga telah tersedia pada smartphone Android. 

Aplikasi yang telah dilengkapi fitur cloud memungkinkan pengguna mengkases data pekerjaan mereka di platform lainnya. Anda bisa membuka dokumen penting yang tersimpan di Gmail atau Google Drive melalui PC dan ponsel, tanpa perlu pusing mengatur dari awal.

5. Berhenti pada Waktunya
Walau bisa menunjang produktivitas, smartphone juga membuang waktu Anda secara percuma. Banyak orang yang tangannya "gatal" mengutak-atik ponsel, walau tak ada yang menghubungi. Celakanya, jika hal ini terjadi saat meeting penting atau ketika jam kerja, waktu produktif Anda justru akan terbuang sia-sia. 

Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa lepas dari smartphone pada saat penting. Selain saat meeting, Anda juga seharusnya benar-benar hadir, tanpa terganggu smartphone, saat bercakap-cakap dengan teman, keluarga atau pasangan. Selamat mencoba. (ADV)


(ABE)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA