Basaria Sepakat Koruptor Dihukum Mati

Damar Iradat    •    Rabu, 16 Dec 2015 08:31 WIB
capim kpk
Basaria Sepakat Koruptor Dihukum Mati
Capim KPK Basaria Panjaitan

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) Basaria Panjaitan menyatakan setuju koruptor dihukum mati. Hal itu ia sampaikan sebagai jawaban atas Anggota Komisi III dari Fraksi Demokrat, Erma Ranik sempat menyinggung makalah yang dibuat Basaria.

Dalam makalah tersebut, purnawiran kepolisian itu tegas menyatakan kalau koruptor layak dihukum mati. Erma sempat mengutip petikan naskah makalah yang dibuat Basaria Dalam makalah itu, Basaria menyatakan, pidana mati bagi koruptor bisa menjadi efek jera.

"Masyarakat bisa berpikir ulang utuk melakukan korupsi. Oleh karena itu, pidana mari perlu dilaksanakan terhadap tindak pidana tertentu dan kelas kakap," ucap Erma membacakan kutipan naskah makalah Basaria.

Menurutnya, hukuman mati kepada koruptor sudah diatur dalam Pasal 2 Undang-undang nomor 30 tahun 2002. "Sebenernya begini, Pasal 2 memungkinkan untuk (menjatuhkan) hukuman mati," jelasnya.

Namun, bukan penyidik KPK yang dapat memberikan putusan. Putusan, papar dia, tetap dijatuhkan oleh hakim. Sementara penyidik hanya bisa memperkarakan.

Selain itu, hukuman mati, menurut dia tidak bisa diberikan sembarangan. Hukuman tersebut bisa diberikan jika tersangka melakukan tindak pidana korupsi yang terencana dan berulang-ulang.


(OJE)