Bromo Siaga, BPBD Petakan Daerah Terdampak Abu Vulkanik

   •    Rabu, 16 Dec 2015 17:58 WIB
gunung bromo
Bromo Siaga, BPBD Petakan Daerah Terdampak Abu Vulkanik
Petugas PVMBG mengecek aktivitas Gunung Bromo, MI - Abdus Syukur

Metrotvnews.com, Probolinggo: Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, berstatus Siaga level III. Status itu sesuai dengan hasil pantauan petugas pos pengamatan gunung mulai dari pukul 06.00 hingga 12.00 WIB, Rabu 16 Desember.

Gunung Bromo tampak berkabut. Asap kelabu mengepul dari puncak gunung hingga mencapai ketinggian 1.250 di atas puncak. Abu vulkanik mengarah ke timur laut dan tenggara.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan BPBD berkoordinasi menetapkan daerah terdampak di beberapa kabupaten di sekitar gunung.

BPBD Pasuruan menyatakan daerah terdampak hujan abu vulkanik yaitu wilayah Kecamatan Tosari dan Tutur. BPBD dan pemerintah setempat pun menyiapkan rambu serta jalur evaluasi.

"Posko evakuasi disiapkan di Balai Desa Wonokriti," kata Sutopo dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Sutopo mengatakan Kabupaten Pasuruan masih aman dari dampak aktivitas vulkanik Bromo. Dinas Kesehatan setempat pun membagi-bagikan masker kepada masyarakat untuk mengantisipasi hujan abu vulkanik.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Malang memetakan daerah terdampak abu vulkanik di Kecamatan Poncokusumo dan Jabung. BPBD pun menyiapkan 8.000 masker dan akan membagikan bila hujan abul vulkanik turun.

"Hingga kini, dampak abu vulkanik yaitu penutupan operasional di Bandara Abdul Rahman Saleh," ujar Sutopo.

Tiga kabupaten mengantisipasi dampak erupsi Gunung Bromo. Yaitu Probolinggo, Pasuruan, dan Kabupaten Malang. Hingga berita ini dimuat, dampak erupsi masih dapat ditangani secara mandiri oleh warga setempat. Sebab abu vulkanik masih dalam kategori tipis.



(RRN)