Kerja Sama Pertamina dan Total-Inpex sebagai Pijakan Kontrak PSC

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 16 Dec 2015 19:14 WIB
blok mahakam
Kerja Sama Pertamina dan Total-Inpex sebagai Pijakan Kontrak PSC
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyaksikan penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PT Pertamina (Persero), Total E&P, dan Inpex Corporation.

Sudirman mengatakan penandatanganan HoA ini adalah awal menuju penandatanganan kontrak bagi hasil (Production Sharing Contract/PSC). Menurutnya tahap ini adalah sebuh batu loncatan yang nantinya menuju PSC, di mana akan dilaksanakan bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegihatan Hulu Migas (SKK Migas) juga Dirjen Migas, Kementerian ESDM. Kemudian, barulah sampai tahap final agreement.

"HoA ini akan diikuti dengan pembicaraan detail menuju PSC, di mana nanti SKK Migas dan Dirjen Migas nanti akan terlibat. Masih ada satu tahap lagi untuk sampai pada final agreement," kata Sudirman saat penandatanganan HoA antara Pertamina dan Total-Inpex, di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Mantan bos Pindad ini mengungkapkan sebelumnya, Ia bersama Total-Inpex telah mendiskusikan terkait hak-hak operator existing. Salah satunya untuk melihat contoh PSC. Apakah contoh PSC tersebut sudah sesuai dan sip untuk melanjutkan kerja sama.

"Dan tadi sudah diskusi, bahwa mereka masih punya hak untuk melihat contoh PSC itu dianggap cukup justified untuk melanjutkan kerja sama," ucap dia.

Lebih lanjut, Sudirman menuturkan, sebelum akhir tahun diharapkan bisa dilakukan penandatanganan PSC baru.

"Sebelum akhir tahun bisa kita tandatangani PSC baru. Saya sebagai Menteri ESDM tetap ingin supaya partnership tetap berjalan antara Pertamina sebagai operator baru dan total inpex sebagai existing. Supaya perubahannya lebih halus (smooth)," tutup dia.

Sebagai informasi, terdapat dua kesepakatan penting yang termuat dalam HoA WK Mahakam, yaitu transfer agreement dan commercial agreement.

Transfer agreement untuk menjamin terjadinya peralihan operatorship yang baik dan memungkinkan upaya mempertahankan kelanjutan operasi selama masa transisi dari kontraktor eksisting kepada Pertamina, termasuk proses pengalihan pekerja Total menjadi pekerja Pertamina dan penyiapan anggaran, rencana kerja, dan perizinan yang dibutuhkan untuk operasi pasca 31 Desember 2017 dapat berjalan lebih mudah.

Kemudian, commercial agreement menekankan kepada kesepakatan komersial antara Pertamina dan Total & Inpex dalam menyelesaikan komposisi kemitraan pada Kontak Kerjasama yang baru dibentuk, serta hal-hal yang terkait dengan bentuk dan prosedur kerja sama (Joint Operation Agreement, JOA) antara pihak dalam KKS yang baru.


(SAW)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA