Program Lingkungan Hidup, USAID Fokus ke Sektor Kehutanan RI

Sonya Michaella    •    Rabu, 16 Dec 2015 19:42 WIB
indonesia-as
Program Lingkungan Hidup, USAID Fokus ke Sektor Kehutanan RI
Petugas pemadam kebakaran dan relawan berusaha memadamkan api kebakaran hutan di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, 25 Oktober 2015. (Foto: AFP/BAY ISMOYO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Amerika Serikat (AS) serius membantu mengatasi dampak perubahan iklim terhadap lingkungan hidup di Indonesia. 

Melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), AS menganggarkan USD250 juta atau Rp3,5 triliun dalam program perlindungan lingkungan hidup di Indonesia untuk lima tahun ke depan. 

Duta Besar AS Robert Blake yakin program terbaru USAID ini, yang dijalankan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dapat membuat kondisi lingkungan hidup di Indonesia menjadi lebih baik.

"Target yang kita harapkan juga masuk akal dalam bantuan ini. Kami sangat berharap bantuan ini berguna bagi Indonesia," ungkap Blake di kediamannya di Menteng, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Bantuan USAID kepada Indonesia disalurkan ke berbagai sektor. Di antaranya USD40 juta untuk maritim, USD16 juta untuk penelitian, USD70 juta untuk kehutanan, USD19 juta untuk pemerintah lokal, USD20 juta untuk energi dan USD40 untuk sanitasi.

Menurut Blake, program terbaru ini adalah program lingkungan hidup terbesar yang dilakukan USAID di Indonesia. "Sebab Indonesia unik. Banyak potensi lahan dan lingkungan yang harus dijaga," lanjut dia. 

Seperti negara lain, Indonesia juga rentan terkena bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu di tengah perubahan iklim dan pemanasan global. 

Program USAID untuk Indonesia ini meliputi beragam sektor, seperti kehutanan dan penggunaan lahan, manajemen kelautan dan perikanan, pelayanan air dan sanitasi, energi bersih serta adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana.

"Kehutanan yang paling penting dan fokus kita berada di Kalimantan," ungkap Direktur USAID untuk Indonesia Andrew Sisson.


(WIL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA