Saksi Ramadan Pohan-Eddie Enggan Tanda Tangani Hasil Rekapitulasi

Budi Warsito    •    Rabu, 16 Dec 2015 19:47 WIB
pilkada serentak
Saksi Ramadan Pohan-Eddie Enggan Tanda Tangani Hasil Rekapitulasi
Komisiner KPU Kota Medan menyelesaikan rekapitulasi suara pilkada Medan. Foto: Metrotvnews.com/Budi

Metrotvnews.com Medan: Hasil rekapitulasi perolehan suara pilkada Kota Medan 2015 dari 21 kecamatan yang disusun KPU Medan tidak ditandatangani saksi dari pasangan nomor urut dua Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma (REDI), Eko Charles Lumban Tobing, Rabu, 16 Desember, di Tiara Convention Center, Rabu 16 Desember

Hal itu terjadi karena yang bersangkutan meninggalkan tempat rekapitulasi sebelum acara berkahir. Nama Eko sempat dipanggil beberapa kali untuk menandatangani salinan berita acara rekapitulasi. Namun, yang bersangkutan tidak kunjung hadir sehingga penandatanganan hanya dilakukan saksi dari pasangan nomor urut satu, Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution (Benar) yang diwakili oleh Sastra.


(Berita acara rekapitulasi perolehan suara yang tak ditandatangani saksi Ramadhan Pohan-Eddie)

Komisioner KPU Medan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Pandapotan Tamba, mengatakan hal itu tidak akan mengganggu keabsahan dari rekapitulasi yang telah disahkan dan ditetapkan. Hasil tersebut juga menjadi dasar mereka mengeluarkan SK penetapan hasil perolehan suara pilkada Medan 2015.

"Itu tidak menjadi masalah karena tadinya mereka sudah datang. Kita tidak tahu apa yang melatarbelakangi saksi meninggalkan acara sebelum rekapitulasi selesai. Namun, itu juga menjadi hak mereka untuk menerimanya ataupun tidak," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pandapotan menjelaskan KPU Kota Medan melakukan pertemuan dengan Panwaslu Medan untuk membahas adanya pengaduan dari tim Redi. Mereka meminta agar dilakukan penundaan rekapitulasi perolehan suara akibat diduga rendahnya partisipasi akibat pembagian C6 yang tidak maksimal.

Namun, dari hasil pembahasan dengan Panwaslu, disimpulkan tidak ada hal penting yang membuat proses rekapitulasi harus diundur. "Dari pembahasan dengan Panwaslu ternyata hal tersebut tidak direkomendasikan," kata dia.



(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA