Pembentukan Panel Ruang Bagi Novanto Lolos dari Sanksi MKD

Al Abrar    •    Rabu, 16 Dec 2015 20:29 WIB
pencatut nama presiden
Pembentukan Panel Ruang Bagi Novanto Lolos dari Sanksi MKD
Sidang di MKD. Foto: MI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Enam anggota Mahkamah Kehormatan Dewan menvonis ketua DPR Setya Novanto dengan sanksi berat. Mereka juga mengusulkan pembentukan tim panel untuk mencari celah bagi Novanto lolos dari sanksi.

Pengamat Politik Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, langkah tersebut perlu diantisipasi. Sebab akan ruang bagi Novanto lolos dari sanksi.

"Ini strategi dari kolega Novanto untuk bermain marathon untuk mencari peluang. Dibandingkan dengan sanksi sedang itu otomatis dibawa ke paripurna langsung melengserkan Novanto dari jabatan pimpinan DPR," kata Yunarto saa ditemui di depan ruang MKD, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (16/12/2015).

Meski demikian, Yunarto yakin, MKD bakal memutuskan perkara etik pencatut nama presiden dan wakil presiden dengan sanksi sedang.

Alasan Yunarto adalah hingga sidang diskors, hanya enam yang menginginkan pembentukan tim panel, sementara sembilan anggota MKD lainnya memberikan sanksi sedang.

"Kita yakin kalau MKD akan memberikan sanksi sedang, dengan demikian Novanto tidak bisa berbuat apa-apa, kalau kita liha perbandingannya di dalam itu 10 menginginkan sanksi sedang, dan 7 anggota mengingkan sanksi berat," tukas Yunarto.



(AZF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA