Menteri Puan Nilai Revolusi Mental Pengaruhi Perbaikan Pelayanan Publik

Antara    •    Rabu, 16 Dec 2015 20:41 WIB
puan maharani
Menteri Puan Nilai Revolusi Mental Pengaruhi Perbaikan Pelayanan Publik
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani--Antara/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Keberhasilan Gerakan Nasional Revolusi Mental sangat ditentukan oleh keteladanan kepemimpinan pemerintah dalam membangun pelayanan publik. Untuk mencapai keberhasilan Gerakan Nasional Revolusi Mental, Kementerian Sosial perlu melakukan beberapa kegiatan.

"Oleh karena itu, penekanan program dan kegiatan revolusi mental jangka pendek adalah pada pelembagaan pelayanan publik sebagai bentuk keteladanan struktural," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di acara Pencanangan dan Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Di antaranya pembentukan gugus tugas revolusi mental serta menyusun program nyata dan indikator yang berbasis nilai-nilai revolusi mental.

Dia mengatakan, dengan pencanangan Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kementerian Sosial, akan segera terbangun etos kerja aparatur pemerintahan negara yang berintegritas, bekerja keras, jujur dan cerdas serta dilaksanakan dengan semangat gotong royong.

"Sasaran Gerakan Nasional Revolusi Mental adalah mempercepat pembangunan nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong," ucapnya.

Dalam jangka pendek, tambah dia, praktik revolusi mental dapat dilihat dari perbaikan pelayanan publik yang dilakukan oleh kementerian sosial.

"Sementara dalam jangka menengah dan panjang, praktik revolusi mental telah menjadi bagian dari gaya hidup di lingkungan masyarakat, sehingga integritas, etos kerja, dan gotong royong menjadi keseharian," tuturnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut, Puan Maharani menerima buku Karikatur Budaya Restorasi Sosial yang diberikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.


(YDH)