Dukung Risma-Whisnu, Kepengurusan BM PAN Surabaya Dihentikan

Amaluddin    •    Rabu, 16 Dec 2015 20:52 WIB
pilkada serentak
Dukung Risma-Whisnu, Kepengurusan BM PAN Surabaya Dihentikan
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. (Antara/Herma-Metrotvnews.com/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Dalam Pilkada Surabaya, Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) tak sepaham dengan perintah partai. Onderbouw Partai Amanat Nasional itu justru mendukung pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana.

Padahal, PAN menyokong pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari. Akibat pembelotan itu, Pengurus Pusat BM PAN tak memperpanjang Surat Kepengurusan BM PAN Kota Surabaya.

"Informasi yang kami terima pengurus pusat tidak akan SK kepengurusan BM PAN yang dipimpin Djono Tehyar," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PAN Surabaya, Achmad Zainul Arifin, di sela rekapitulasi suara di Kantor KPU Kota Surabaya, Rabu (16/12/2015).

Menurut pria yang akrab disapa Cak Ipin ini, penyebab tidak diperpanjangnya SK BM PAN di Surabaya bukan hanya karena membangkang perintah partai. Namun, kata dia, BM PAN yang diketuai Djono Tehyar sudah sejak lama SK kepengurusannya habis.

"Selain BM PAN tak sejalan dengan arahan partai, juga SK kepengurusan mereka juga sudah berakhir," katanya.

Ironisnya, kata Cak Ipin, sejumlah pengurus BM PAN yang sebelumnya menyatakan mendukung paslon yang diusung PDIP Risma-Whisnu, kini mulai menjadi berpindah partai. "Informasi yang kami dengar kabarnya begitu. Yang jelas, SK kepengurusan kami pastikan tidak lagi diperpanjang," tandasnya.

Sekedar diketahui, tiga hari jelang pencoblosan, pengurus BM PAN Surabaya di detik-detik terakhir memberikan arahan dukungan untuk pasangan nomor urut 2 Risma-Whisnu.  Mengatasnamakan Tim Semut Biru, mereka sempat merilis hasil survei pasangan Risma-Whisnu.


(SAN)