Menteri ESDM akan Kirimkan Surat ke BUMN soal Freeport

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 16 Dec 2015 22:32 WIB
freeport
Menteri ESDM akan Kirimkan Surat ke BUMN soal Freeport
Sudirman Said (ANT,Sigid Kurniawan).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan mengirimkan surat kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno terkait kesiapan PT Antam dan PT Inalum untuk mengambil divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 10,64 persen.

"Kita akan kirim surat ke Menteri BUMN, supaya bisa diputuskan secepatnya siapa yang akan mengambil divestasi. Kita akan merespon surat yang kemarin semoga disiapkan segala sesuatunya," kata Sudirman di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Sudirman melanjutkan, Pemerintah sudah meminta kepada Freeport untuk mengirimkan surat lagi terkait tahapan penawaran divestasi. Termasuk dengan minimal jumlah saham yang akan didivestasikan.

"Kita sudah minta kepada Freeport untuk mengirim surat lagi, terkait dengan tahapan penawaran divestasi termasuk dengan mereka agar menyebut angka minimal dari jumlah saham yang ingin didivestasikan berapa," jelas dia.

Namun, untuk mekanisme divestasi, Sudirman menuturkan, ini merupakan pengalaman baru bagi Indonesia. Tentunya harus ada persiapan-persiapan. Oleh karena itu, Sudirman menambahkan pihak Kementerian ESDM akan duduk bersama dengan Menteri BUMN dan Menteri Keuangan untuk menentukan mekanismenya.

"Ini kan pengalaman baru tentu ada persiapan-persiapan, makannya saya harus duduk dengan Menteri BUMN dan Menteri Keuangan untuk menentukan formulanya," tutup dia.



(SAW)