Satu Paket Pimpinan DPR Harus Diganti

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 16 Dec 2015 23:56 WIB
Satu Paket Pimpinan DPR Harus Diganti
Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate. MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mundurnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR berimbas dengan komposisi posisi pimpinan DPR. Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate meminta satu paket pimpinan DPR juga ikut diganti.

Pergantian satu paket pimpinan DPR dilakukan karena Setnov diangkat secara bersamaan. Plate juga bilang pergantian satu paket pimpinan sudah berdasarkan peraturan yang berlaku.

"Tidak perlu didorong namun itu adalah konsekuensi dan sesuai UU MD3 dan tatib DPR RI," kata Plate di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015).

Satu paket pimpinan bakal dikocok ulang di rapat paripurna yang diselenggarakan pada lusa, Jumat, 18 Desember 2015. Belajar dari kasus Papa Minta Saham, Plate berharap pimpinan yang baru dapat menjaga harkat dan martabat lembaga, terutama DPR RI.

"Untuk itu dibutuhkan pimpinan dengan yang berpengalaman dan mempunyai kompetensi dan track record yang baik," terang dia.

Novanto resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI. Surat pengunduran dirinya pun telah diterima oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) malam ini.

Adapun Wakil ketua MKD, Sufmi Dasco Ahmad langsung membacakan surat pengunduran diri Novanto pada rapat tertutup MKD malam ini.

"Saya bacakan surat yang saya terima langsung dari yang bersangkutan: Sehubungan dengan penanganan pengaduan etika yang sedang berlangsung di DPR RI, dengan ini saya menyatakan pengunduran diri dari Ketua DPR RI 2014-2019," kata Dasco membacakan surat pengunduran diri Novanto.

Dalam surat tersebut tidak dijelaskan terkait pengakuan bersalah Novanto. Novanto dalam suratnya, mengundurkan diri atas kepentingan kehormatan.
(AZF)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA