26 TPS Sudah Lakukan Coblos Ulang

Arga sumantri    •    Kamis, 17 Dec 2015 02:06 WIB
pilkada serentak
26 TPS Sudah Lakukan Coblos Ulang
Ilustrasi Pencoblosan Ulang/ANT/Regina Safri

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) membantah tempat pemungutan suara (TPS) yang melakukan pemungutan suara ulang (PSU) sebanyak 62 TPS. KPU menyatakan hanya ada 29 TPS yang melakukan coblos ulang.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, dari total 29 TPS yang melakukan coblos ulang, sudah 26 TPS yang selesai pemungutan suara ulang. Tiga sisanya, baru akan melakukan coblos ulang sampai batas akhir waktu rekapitulasi tingkat kabupaten dan kota, 18 Desember nanti.

"Di Palu 1 TPS untuk Pilgub Sulteng 17 Desember besok," kata Ferry di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015).

Sebelumnya, Bawaslu RI Nasrullah merekomendasikan sebanyak 62 TPS di 11 wilayah harus melakukan pemungutan suara ulang.

Anggota Bawaslu RI, Nasrullah mengatakan pemungutan suara ulang paling banyak terjadi di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua sebanyak 51 TPS. Alasannya, kotak suara di 51 TPS tersebut dirampas oleh pasangan calon nomor urut 1 saat akan dibawa Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) ke TPS.

Sementara sisanya, ada di kabupaten Kepulauan Meranti, kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Oku Timur, Kota Tangerang Selatan, Kota Denpasar, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Manggarai, kabupaten Poso, dan kabupaten Halmahera Timur.

Hari ini, sebenarnya jadi batas terakhir daerah yang harus melakukan PSU. Namun, jika ada daerah yang terpaksa belum melakukan pencoblosan ulang, kesempatan masih ada hingga 18 Desember.

"Kalau masih ada, bisa jadi ditunggu sampai proses rekap kabupaten dan kota selesai," tambah Ferry.


(AZF)