Tak Perlu Gelar Lelang Jabatan untuk Cari Dirjen Pajak Definitif

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 17 Dec 2015 08:37 WIB
pajak
Tak Perlu Gelar Lelang Jabatan untuk Cari Dirjen Pajak Definitif
Plt Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteady (kanan). (FOTO ANTARA/Bhakti Pundhowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo memandang untuk mencari Dirjen Pajak definitif pengganti Sigit Priadi Pramudito, Menteri Keuangan tidak perlu mengadakan lelang atau seleksi jabatan seperti yang sebelumnya dilakukan.

Menurut Prastowo, lelang terbuka hanya berupa formalitas semata. Dia mengatakan lebih baik, Bambang memilih beberapa nama dari internal Ditjen Pajak tentunya yang memiliki kredibilitas baik, untuk kemudian dilakukan wawancara.

"Saya (Menkeu) cocok, saya enggak, kasih skor 10 atau 8 atau 5, yang penting Menkeu sudah punya kriteria, baru diberikan ke Presiden," kata dia, di Jakarta, Rabu, 16 Desember.

Lagi pula, lelang terbuka hanya menimbulkan sikut sana sikut sini. Bambang, kata Prastowo, hanya perlu melakukan assessment terhadap calon internal tersebut bulan ini. Bisa juga, dengan memilih kembali nama-nama yang dulu mengikuti seleksi.

Apalagi, menurut dia, orang-orang tersebut merupakan calon-calon yang acceptable karena sebelumnya telah mendapat rekomendasi dari PPA TK dan juga KPK dan memiliki peranan serta memahami internal Ditjen Pajak.

"Yang penting acceptable, lalu kompetensinya, apakah dia Ka Kanwil, atau direktur, kepemimpinannya jelas. Tinggal diberikan ke Presiden tahun ini," ujar Prastowo.

Lebih jauh, dirinya berpandangan bisa juga Bambang mendefinitifkan Ken Dwijugiasteadi yang saat ini ditunjuk sebagai Dirjen Pajak sementara. Ken pun, merupakan salah satu calon yang ikut dalam lelang jabatan sebelumnya dan menjadi Staf Ahli Menkeu Bidang Penerimaan Negara.

"Yang Plt Dirjen Pajak menurut saya bisa didefinitifkan, toh dia mau pensiun dua tahun lagi. Kasih mandat ke dia, kalau dia adalah Dirjen transisi tugasnya menyiapkan badan, menyiapkan pengganti," jelas Prastowo.


(AHL)