Ini Persiapan Masa Transisi Pengelolaan Blok Mahakam

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 17 Dec 2015 10:11 WIB
blok mahakam
Ini Persiapan Masa Transisi Pengelolaan Blok Mahakam
Blok Mahakam -- FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Masa transisi kelola Blok Mahakam akan dimulai 2016. Banyak hal perlu dipersiapkan oleh PT Pertamina (Persero), Total E&P, serta Inpex Corporation. Apa saja persiapan itu?

Direktur Pembinaan Hulu Migas, Kementerian ESDM, Djoko Siswanto menjelaskan, penandatanganan Head of Agreement (HoA) Blok Mahakam 16 Desember 2015 kemarin menandakan persiapan segala kebutuhan masa transisi.

"Pada masa transisi kan ada Total, ada Pertamina, ada Inpex. HoA kan masa transisi, misalnya persiapan transfer pegawai. Sekarang pegawainya Total, siapa saja yang mau ke Pertamina, ya di sini (HoA)," kata Djoko, di Jakarta, Rabu, 16 Desember.

Djoko mengatakan, penandatanganan HoA ini sebagai dasar permulaan pengambilalihan blok. Menduduki blok besar yang berada di Kalimantan Timur ini, Pertamina terlebih dahulu akan melalalui masa transisi. Selain transfer pegawai, dalam transisi nanti juga akan ada transfer data seperti cadangan produksi, aset, dan segala jenis pembiayaan. Semua itu sudah disepakati antara Pertamina, Total, dan Inpex.

"Data-data semualah. Orang juga. Ya harus sepakat dong. Kan pemerintah sudah tunjuk Pertamina. Pertamina dalam dua tahun ini kan perlu semua data-data yang ada di Total, baik orang, baik asetnya, cadangannya semua produksi, biaya, itu harus sudah terbuka," jelas dia.

Untuk saat ini, Djoko mengungkapkan, pihak Pertamina sudah dua kali melihat data room Total. Kemudian untuk Work Program and Budgeting (WPnB), Pertamina juga sudah meninjau di SKK Migas.

"Data room sudah dua kali. Untuk WPnB itu tahun ini sudah jadi peninjau di SKK, Pertamina sudah diajak. Jadi apa yang dibicarakan untuk 2017. Jadi 2017 sudah betul-betul masuk bersama-sama. Sekarang ini sebelum peninjau baru diajak diskusinya," tutup dia.

Sebagai informasi, Blok Mahakam akan berakhir masa kontraknya pada 31 Desember 2017. Setelah kontrak berakhir, Pertamina akan menjadi operator mayoritas atas blok tersebut.

Pertamina juga telah melakukan sharedown kepada perusahaan existing yakni Total dan Inpex sebesar 30 persen dan kepada pemerintah daerah sebesar 10 persen. Awal 2016 nanti, masa transisi Blok Mahakam dimulai dengan tujuan menjaga kestabilan produksi serta mendapatkan data-data yang diperlukan Pertamina saat ambil alih kelola pada 1 Januari 2018.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA