Italia Kirim 450 Prajurit untuk Lindungi Bendungan Mosul

Willy Haryono    •    Kamis, 17 Dec 2015 11:53 WIB
isis
Italia Kirim 450 Prajurit untuk Lindungi Bendungan Mosul
Bendungan Mosul di Irak. (Foto: AFP/AHMAD AL-RUBAYE)

Metrotvnews.com, Roma: Italia akan mengirim 450 prajurit untuk melindungi bendungan Mosul, yang berdekatan dengan kota bernama sama yang dikuasai kelompok militan Islamic State (ISIS) di Irak. 

Berlokasi di sungai Tigris, bendungan Mosul dibangun konsorsium Jerman dan Italia di era 80-an, adalah sumber daya air dan listrik krusial bagi Mosul, kota terbesar di wilayah utara Irak. 

"Permintaan (untuk melindungi bendungan) disampaikan sebuah perusahaan Italia. Kami akan mengirim 450 tentara kami untuk membantu melindunginya bersama pasukan Amerika Serikat," kata Perdana Menteri Matteo Renzi di televisi nasional, seperti dikutip AFP, Rabu (16/12/2015). 

"Bendungan Mosul berada di jantung zona berbahaya, berbatasan dengan IS. Bendungan itu rusak parah dan terancam hancur," tutur Renzi. 

Jika bendungan itu hancur, maka banjir besar akan melanda Mosul dan Baghdad. Grup konstruksi dan energi Trevi asal Italia telah menganggarkan USD2 miliar untuk menopang bendungan Mosul. Namun proyek penopangan bendungan belum dapat dimulai karena buruknya kondisi keamanan. 

Pengiriman 450 tentara Italia adalah tambahan dari 750 prajurit yang sudah ada di Irak. 


(WIL)