Desa Ngadas dan Desa Taji Berpotensi Terdampak Erupsi Bromo

Miski    •    Kamis, 17 Dec 2015 12:49 WIB
gunung berapi
Desa Ngadas dan Desa Taji Berpotensi Terdampak Erupsi Bromo
Foto: Penduduk desa di dekat Gunung Bromo, Jawa Timur, mengenakan masker/AP_Trisnadi

Metrotvnews.com, Malang: Abu vulkanik Gunung Bromo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyebar di atap rumah warga. Dua desa di Kabupaten Malang yang kerap terdampak abu vulkanik Gunung Bromo itu yakni Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo dan Desa Taji, Kecamatan Jabung.

Selain dua desa dekat kaki Gunung Bromo, itu, dua desa lainnya juga terdampak sebaran abu vulkanik. Yakni Desa Beringin Anom, Kecamatan Poncokusumo dan Desa Embut Legi, Kecamatan Jabung. Dua desa ini berjarak 12 hingga 15 kilometer dari Gunung Bromo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang Hafi Lutfi mengatakan, Desa Ngadas dan Desa Taji merupakan wilayah yang berpotensi besar terdampak abu vulkanik jika terjadi erupsi Bromo. Pihaknya tak dapat memprediksi berapa luas wilayah yang terdampak erupsi Bromo tahun ini.

"Kami terapkan evakuasi mandiri karena jalannya tidak mendukung, sehingga warga mengevakuasi diri menggunakan kendaraan pribadi. Jika nantinya benar Bromo erupsi," kata Hafi Lutfi, saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (17/12/2015).

Pihaknya juga menyiapkan dapur umum berkapasitas 3.000 hingga 5.000 orang di Desa Beringin Anom. Sebanyak 31 tenda pengungsian disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi erupsi.

"Posko pengungsian sengaja kami taruh di Desa Beringin Anom, karena letaknya di tengah-tengah," ujar dia.

Pantauan Gunung Bromo hingga pukul 06.00 WIB, cuaca di sekitar gunung masih cerah. Kondisi angin tenang dan tingkat suhu 12 derajat celcius.

Asap kelabu tebal tampak mengepul dari puncak gunung. Kepulan asap mencapai ketinggian 1.500 meter dari atas puncak atau 3.828 meter di atas permukaan laut. Asap mengarah ke barat laut dan utara. Status Gunung Bromo kini Siaga Level III.


(TTD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA