Signature Bonus Mahakam Terbesar Sepanjang Sejarah

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 17 Dec 2015 12:59 WIB
blok mahakam
<i>Signature</i> Bonus Mahakam Terbesar Sepanjang Sejarah
Blok Mahakam -- FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian ESDM menemukan format baru untuk kontrak bagi hasil (Production Sharing Contract/PSC) atas Blok Mahakam. Kontrak yang akan habis pada akhir 2017 tersebut akan meraih bonus tanda tangan (signature) sebesar USD41 juta.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian BUMN, IGN Wiratmaja mengatakan syarat dan ketentuan blok Mahakam akan selesai dalam waktu dekat. Pihaknya pun akan mengejar sebelum akhir bulan ini.

"Saat ini term and condition sudah 95 persen. Kami harap sebelum akhir bulan bisa selesai," kata Wirat, saat ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, seperti diberitakan, Kamis (17/12/2015).

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, Djoko Siswanto menambahkan signature ini menjadi tanda kesepakatan yang telah disepakati antara Pertamina dan Pemerintah. Bonus ini, menurut dia, merupakan paling besar sepanjang sejarah pengelolaan Blok Mahakam.

"Pemerintah maunya Blok Mahakam bisa memberikan benefit lebih meski harga minyak dan gas turun. Dan saya rasa wajar saja kalau angkanya segitu (USD41 juta). Mengingat banyak keistimewaan kami berikan ke Pertamina," ucap Djoko.


(AHL)

Vonis untuk Novanto (3)

Vonis untuk Novanto (3)

6 hours Ago

Skenario Setya Novanto untuk menghindarkan diri dari jerat KPK semakin jelas. Setidaknya itulah…

BERITA LAINNYA